TELUK KUANTAN, GORIAU.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Muharman mengingatkan para peserta tes CPNS jangan percaya kepada calo atau orang yang mengaku bisa membantu meluluskan jadi CPNS.

Biasanya para calo yang mengaku bisa meluluskan peserta ini akan meminta imbalan terlebih dahulu sebelum hasil tes diumumkan. Bila peserta tes lulus mereka akan mendapatkan keuntungan besar dan bila tidak, uang yang telah disetorkan akan dikembalikan separuh.

"Saya minta tidak ada pihak yang percaya pada calo pada penerimaan CPNS tahun 2014 ini. Kalau ada yang mengaku bisa meluluskan, itu bohong," kata Muharman, Selasa (23/9/2014).

Dikatakan Sekda, yang akan menentukan peserta itu lulus adalah kemampuannya saat seleksi CPNS, bukan pertolongan orang lain maupun calo. "Jadi kita imbau masyarakat, jangan percaya kepada calo. Saya sarankan kepada peserta yang ikut untuk giat menguasai materi pada ujian nanti, karena yang akan menentukan kelulusan adalah diri sendiri, bukan tergantung calo. Apalagi ujian CPNS nanti akan menggunakan sistem CAT," ujarnya. tlk