TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Seringnya terjadi masalah antara perusahaan dan masyarakat di Indragiri Hilir (Inhil), membuat Bupati Inhil, HM Wardan menghimbau kepada perusahaan untuk terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebelum melakukan aktifitas apapun.

Sosialisasi dimaksudkan Bupati agar masyarakat mengerti dengan jelas apa aktifitas yang dilakukan perusahaan, sehingga tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

''Permasalahan selama ini terjadi karena tidak adanya transparansi dari pihak perusahaan ke masyarakat, maka saya himbau untuk jangan melaksanakan kegiatan sebelum diberi penjelasan ke masyarakat'' kata HM Wardan pada suatu acara belum lama ini.

Padahal dikatakan Bupati, perusahaan tidak melulu memberikan masalah. Contohnya saja melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang diberikan perusahaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang tujuannya untuk membantu masyarakat sekitar juga.

Melalui CSR dari perusahaan dikatakan Bupati dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa dan fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.

''Padahal perusahaan sangat peduli dengan kita, hanya saja selama ini kurang sosialisasi kepada masyarakat, jadi masyarakat tidak mengetahui bahwa perusahaan sudah ikut berkontribusi membangun daerah,'' sebut Bupati.(ayu)