PEKANBARU, GORIAU.COM - Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) dan Perlindungan Masyarakat (Limas) Provinsi Riau mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Hotel Premier, Jalan Sudirman Pekanbaru, Senin (8/10/2012). Satpol PP Riau dapatkan pujian sebagai yang terbaik se-Indonesia.

Penegasan terbaik ini diungkapkan Direktur Pol PP dan Linmas Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr Ir Darma Setiawan dalam sambutan Rakorda yang dihadiri Gubernur Riau HM Rusli Zainal, Kepala Satpol PP Provinsi Riau Nizhamul SE MM, serta jajaran Satpol PP se-Provinsi Riau.

''Saya menilai Satpol PP Riau ini terbaik di Indonesia. Kondisi ini dibuktikan dengan pengabdian serta kinerja Satpol PP Riau dalam membantu Kepala daerah menjalankan roda pemerintahan. Yang sehingga kegiatan Pemda berjalan lancar, tertib aman dan damai di daerah ini,'' ujarnya.

Darma menegaskan, walaupun gaji Satpol PP dibawah upah minimum kabupaten dan kota. Bahkan terkadang baju seragam beli sendiri. Tetapi, disaat tugas lebih dari 24 jam makan beli dengan uang sendiri. Bahkan, selalu siap mengatasi ada pendemo, Satpol PP selalu dibarisan depan.

''Saya melihat di Provinsi Riau ini, khususnya Satpol PP selalu tampil dengan bertindak sesuai aturan hukum yang berlaku. Buktinya, kendati ada aksi demo di lapangan itu Satpol PP selalu tampil dengan persuasif. Sehingga saya lihat tetap terjaga suasana yang kondusif,'' katanya.

Sementara itu, di tempat yang sama Gubernur Riau HM Rusli Zainal saat sambutan mengatakan, Rakorda Satpol PP ini sangat penting, karena melihat perkembangan yang terjadi harus dipahami dalam melaksanakan tugas. Mudah-mudahan dengan adanya Rakorda ini dapat menghasilkan yang terbaik.

''Rakorda ini hendaknya dapat menunjang kenirja Satpol PP yang maksimal. Sebab Satpol PP kedepannya dalam mengemban tugas sangat berat. Baik itu masyarakat, juga dunia usaha. Maka harus memahami perkembangan peraturan perundangan yang berlaku dalam mengemban tugas,'' kata Rusli.

Rusli berharap, keberadaan Satpol PP sebagai satuan berada di Garda terdepan dalam melaksanakan tugas dan amanah harus sudah benar benar menguasai, serta memahami seluruh peraturan dan ketentuan yang berkaitan dengan tugas diemban. Ini agar tidak ada lagi pencitraan negatif.

''Saat inikan keberadaan Satpol PP dalam melaksanakan tugasnya ditengah-tengah masyarakat selalu mendapatkan image negative. Maka kedepan, dengan dihelatnya Rakorda ini, Satpol PP dalam laksanakan tugas di masyarakat semakin memahami tugas sesuai peraturan berlaku," katanya. (rdi)