PEKANBARU, GORIAU.COM - Gubernur Riau Rusli Zainal mempunyai banyak waktu untuk beribadah di rumah tahanan (Rutan) KPK di Jakarta. Sehingga sholat lima waktu bisa dilaksanakan di awal waktu. Begitupun dengan sholat sunat lainnya, seperti sholat duha atau tahajjud.

Sebagaimana kebiasaan di rutan KPK, tahanan muslim selalu melaksanakan sholat lima waktu berjamaah. Selama ini sholat lima waktu diimami oleh Ahmad Fathonah. Namun, sejak akhir pekan lalu, Rusli Zainal sudah menggantikan Ahmad Fathonah.

"bapak sudah mengambil alih posisi imam dari Ahmad Fathonah. Saat ini beliau yang jadi imam," ujar istrinya, Septina Primawati, Senin (17/6/2013) saat ditemui di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru.

Tidak hanya Sholat, Rusli Zainal dan Ahmad Fathanah juga selalu makan bersama serta berdiskusi bersama.

"Ini hikmah dari semuanya. Bapak bisa lebih tenang, banyak waktu beribadah. Begitupun kami, selalu dinasehati agar sabar dan tabah," katanya.

Dikatakan Septina, Rusli berpesan kepada masyarakat Riau, agar turut memohon doa dan restu. Supaya dia lebih tanah melalui proses yang yang sedang menimpanya.(kha)