PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Pemkab Rokan Hulu menggelar rapat pematangan persiapan MTQ Provinsi Riau ke XXIX Tahun 2014 di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tahun 2014. Supaya masing-masing peserta bisa tampil maksimal, perlu peran serta panitia dan pelatih sehingga target tiga besar tersebut bisa dicapai. 

Demikian hasil rapat yang dilaksanakan di Kantor Kemenag Rokan Hulu Komplek Pemda Pasir Pangaraian, Selasa (21/10/2014) yang dihadiri Asisten II Setdakab Rokan Hulu Syaiful Bahri, Kakan Kemenag Rokan Hulu Ahmad Supardi Hasibuan, Kabag Kesra Setdakab Rokan Hulu Fathanalia dan beberapa stafnya Kemenag Rokan Hulu dan Setdakab Rokan Hulu.

Agenda tersebut dipimpin langsung Asisten II setdakkab Rokan Hulu, sesuai rencana kalau Pemkab Rokan Hulu harus bisa mencapai tiga besar se-Riau, karena tahun 2013 lalu, sewaktu bertindak sebagai tuan rumah, Rokan Hulu keluar sebagai juara umum.

''Untuk kita membuat target tiga besar, sebab kita bertanding di kampung orang, tentu kita perlu memaksimalkan seluruh persiapannya, meski ini agenda rutinitas tahunan baik dalam kepanitian, pelatih, qori-qoriah dan lainnya, sehingga mereka yang bertanding bisa mengharumkan nama baik Negeri Seribu Suluk,'' papar Syaiful Bahri.

Masih di tempat yang sama Kakan Kemenag Rokan Hulu Ahmad Supardi Hasibuan mengatakan qori-qoriah harus dimatangkan kemampuannya, makanya dalam pekan ini mereka akan latihan di Kota Pasir Pangaraian, kemudian 9 hari lagi kedepan mereka akan dapat tambahan latihan di Kota Pekanbaru.

Kemudian terkait pelatih, lanjut Ahmad Supardi Hasibuan, rencananya akan melatih qori-qoriah dari Rokan Hulu itu akan diambil pelatih berkelas dan professional baik dari tingkat provinsi maupun tingkat nasional dan internasional.

''Secara prinsip, pelatih sudah siap untuk melaksankan tugasnya, dari tujuh cabang MTQ itu tersebut yakni Tilawah Al quran, Hifzh Al quran, Tafsir Al Quran, Syarh Al quran, Fahm Al quran, khath Al quran dan Musabaqah Menulis Ilmiah Alquran (M2IQ), kita akan menampilkan sebanyak 42 orang untuk berlaga pada perhelatan tingkat provinsi tersebut,'' pungkas Ahmad Supardi Hasibuan. (ram)