BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh menargetkan hingga 2015 seluruh desa di Kabupaten Bengkalis akan mendapatkan bantuan ambulans desa. Dengan demikian, program pelayanan kesehatan bisa terlaksana secara merata dan memberikan manfaat yang besar dalam meningkatkah kesehatan masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh saat mengadakan kunjungan kerja ke Desa Bantan Tua, Kecamatan Bantan dan Desa Pangkalan Bantang, Kecamatan Bengkalis, Rabu (23/4/2014).

Untuk di Kecamatan Bantan, Herliyan Saleh menyerahkan sebanyak 63 unit RLH, 28.840 kartu Jamkesmasda, dan 4 unit ambulan desa. Sedangka di Pangkalan Batang, Bupati menyerahkan sebanyak 70 RLH, 48.302 kartu Jamkesmasda dan 5 ambulan desa. Di Bantan penerima ambulan adalah desa Bantan Tua, desa Bantan Tengah, desa Muntai dan desa Teluk Lancar. Sedangkan di Bengkalis, yang menerima ambulan adalah Pangkalan Batang, Teluk Latak, Air Putih, Kelemantan dan Sekodi.

Sebagaimana sering disampaikan, Program pemberian bantuan ambulan desa menurut Herliyan Saleh sudah dimulai sejak tahun 2011. Hingga saat ini sudah mencapai 61 unit dengan rincian, tahun anggaran 2011 sebanyak 11 unit, tahun 2012 sebanyak 25 ambulance dan untuk tahun anggaran tahun 2013 sebanyak 30 unit ambulans.

 

''Insya-allah, hingga akhir 2015 mendatang seluruh desa yang ada di kabupaten Bengkalis telah memiliki ambulan,'' ujar Bupati.

 

Bagi kepala desa yang baru saja menerima ambulan desa Herliyan meminta untuk memelihara ambulan dengan baik. Kepala desa bertanggungjawab sepenuhnya atas operasional ambulan, honorarium supir dan penyediaan bahan bakar minyak untuk ambulan.

''Seluruh biaya yang dikeluarkan untuk biaya operasional ambulan ini bisa diambil dari anggaran alokasi dana desa (ADD),'' katanya.(jfk)