BENGKALIS, GORIAU.COM - Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) yang juga senator Negeri Jiran Malaysia, Datuk Tan Sri Haji Muhammad Ali bin Muhammad Rustam menilai Bengkalis sudah banyak kemajuan dibandingkan ketika pertama kali ia berkunjung tahun 2002 lalu.

Banyak perkembangan yang terjadi, menurut mantan Menteri Besar Melaka yang kali ketiga datang ke Bengkalis, antara lain di bidang Infrastruktur, jaringan listrik, air bersih dan lainnya. Ke depan perlu juga sama-sama dipikirkan bagaimana orang yang datang ke Bengkalis ada tujuan, seperti pergi ke taman binatang karena ia melihat potensi itu ada.

''Bengkalis cukup memberdayakan binatang yang telah ada dan tidak mengeluarkan banyak biaya dan mudah memeliharanyam seperti taman binatang kera (monyet, red), kita hanya tinggal menjinakannya saja dan para pengunjung bisa memberi makan sambil menikmati tingkah kera hutan ini. Saya pikir tidak mengeluarkan banyak biaya,'' ujar Tan Sri Ali Rustam ketika memberikan sambutan pada malam ramah tamah dan silaturrahmi rombongan DMDI dengan Bupati Bengkalis, H. Herliyan Saleh di Wisma Daerah, Sabtu (20/9/2014) malam.

Pada kesempatan itu, Presiden DMDI juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang telah menerima rombongan DMDI sempena peresmian rumah saudara muallaf yang dibangun di Selatbaru, Kecamatan Bantan.

''Di samping pendirian rumah saudara kita, juga bisa bermusyawarah atau mengadakan pertemuan dan sma-sama memikirkan bagaimana orang yang datang ke Bengkalis ini ada tujuan, seperti pergi ke taman binatang dan lain sebagainya. Kalau kita di Bengkalis ini cukup memberdayakan binatang yang telah ada dan tidak mengeluarkan banyak biaya dan mudah memliharnya seperti taman binatang kera, kita hanya tinggal menjinakannya saja dan para pengunjung bisa memberi makan sambil menikmati tingkah monyet hutan, ini saya pikir tidak mengeluarkan banyak biaya,'' ujarnya.

Sementara Bupati Bengkalis, H. Herliyan Saleh menyambut baik kedatangan Datuk Sri Muhammad Ali bin Muhammad Rustam beserta rombongan DMDI. Semoga kehadiran Tan Sri akan semakin meningkat tali persaudaraan antara negeri serumpun Melayu, Sehingga memperkokoh jati diri Melayu dan Islam.

Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Bupati juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada DMDI atas kepeduliannya ikut berkiprah dalam mensyi'arkan dan memajukan agama Islam di Kabupaten bengkalis, salah satunya melalui pembangunan rumah sabahat baru DMDI yang diperuntukan bagi saudara kita mualaf. Hal ini menunjukan bahwa dmdi mempunyai komitmen kuat untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat Islam.

''Saya yakin dan percaya, keberadaan rumah sahabat baru dmdi akan memberikan manfaat besar bagi saudara kita mualaf. Nantinya, saudara-saudara baru kita akan belajar dan memperdalam ilmu-ilmu agama, akidah maupun tata cara beribadah yang sesuai dengan syariah. Insya allah, rumah sahabat baru DMDI ini akan menjadi pusat pembelajaran saudara mualaf kita menggali ilmu agama,'' ujar Bupati.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyampaikan bahwa Pemkab Bengkalis secara bertahap akan membangun Islamic Center di Duri di atas lahan seluas 40 hektar. Ditambahkan Bupati, rata-rata muallaf di Kabupaten Bengkalis ini berasal dari suku asli terutama pendatang dan mereka mendapat hidayah untuk masuk agama Islam.(jfk)