PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau segera membangun dua Galeri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di dua kabupaten, yakni Kepulauan Meranti dan Rokan Hilir (Rohil).

DED atau Perencanaan Teknis untuk dua galeri tersebut masuk pada APBD Perubahan Provinsi Riau masing-masing sebesar Rp170 juta. Sementara untuk fisik sendiri, akan dimulai pada 2015 mendatang.

Untuk satu Galeri UMKM, Pemprov Riau menganggarkan sebesar Rp4 miliar untuk masing-masingnya. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Indra Bangsawan, kepada GoRiau.com, Selasa (23/9/2014), di ruangannya.

"Tahun ini DED-nya dulu, untuk fisik akan dibangun pada APBD 2015. Jadi ada waktu satu tahun untuk membangun," kata Indra.

Galeri UMKM bertujuan untuk menampilkan seluruh keunggulan di kabupaten dan kota. Dimana masing-masing kecamatan akan menampilkan produk unggulan yang bisa diandalkan ke depan.

Termasuk juga di sana adanya pelatihan untuk keterampilan masing-masing kecamatan. "Ada pelatihan satu hari nantinya," imbuh Indra.

Selain itu, galeri tersebut juga berfungsi sebagai Pusat Konsultasi Bisnis. Nantinya juga akan diberikan pelatihan bagi para konsultan bisnis tersebut.

"Sejauh ini kita baru punya 12 konsultan. Artinya hanya untuk daerah yang sudah ada Galeri UMKM-nya. Jika semua kabupaten dan kota sudah terbangun, setidaknya kita butuh sekitar 60 konsultan bisnis nantinya," pungkas Indra.

Sementara Pemprov Riau sudah membangun Galeri UMKM di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Namun sejauh ini, hanya Pekanbaru saja yang berjalan, karena Galeri UMKM di Kampar mengalami kendala.***