RANGSANG, GORIAU.COM - Pemkab Meranti akan membangun satu unit pasar tradisional di Desa Tanjung Samak, Kecamatan Rangsang melalui dana APBN.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kepulauan Meranti, Syamsuar Ramli saat melakukan ekspos rencana pembangunan tahun 2013 serta yang akan dilaksanakan pada tahun 2014 mendatang. Hal itu disampaikan dalam rapat Musrenbang Kecamatan Rangsang di Tanjung Samak, Senin (4/3/2013)

Dikatakan Syamsuar, pembangunan pasar tersebut merupakan pembangunan pasar yang awalnya direncanakan akan dibangun di Desa Topang. Namun karena administrasi lokasi pasar di desa itu masih belum lengkap, makanya alokasi anggarannya dialihkan ke Desa Tanjung Samak," ungkap Kadis.

Pembangunan sarana pasar itu dengan menggunakan dana pusat salah satu syarat utama adalah mengenai lokasi bangunan yang akan dilakukan. Artinya harus ada penyerahan tanah atau hibah tanah untuk pembangunan itu secara sah. Kemudian pemerintah pusat mau mengabulkan pembangunan itu.

"Pembangunan pasar itu nantinya akan memakan dana sekitar Rp 1 miliar lebih dengan luas lahan yang telah dihibahkan itu 1000 meter persegi. Pembangunan pasar itu juga nantinya akan dibangun di lokasi yang paling ekonomis guna merangsang pertumbuhan dan peningkatan ekonomi bagi masyarakat di Kecamatan Rangsang," sebutnya.

Anggota DPRD Kepulauan Meranti dari Dapil Kecamatan Rangsang yang ikut pada musrenbang tersebut Fauzi Hasan, menambahkan, bahwa sudah ada masyarakat bersedia menghibahkan tanahnya untuk membangun pasar tradisional tersebut. Dimana letak dan lokasi yang akan dibangun pasafr itu cukup strategis, dan mudah dijangkau masyarakat dari berbagai arah.

Sehingga pasar itu nantinya sangat prospek yang juga diharapkan menjadi perluasan pemukiman di daerah perkotaan,”tambah Fauzi politisi PAN Kepulauan Meranti itu. (kpt)