BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh menyatakan, pemberian penghargaan untuk menunaikan ibadah umrah yang diberikan Pemerintah Kabupaten Bengkalis setiap tahunnya, merupakan salah satu bentuk motivasi.

''Motivasi yang saya maksudkan, bukan hanya ditujukan pada yang mereka yang diberangkatkan, tetapi juga kepada yang belum diberangkatkan,'' jelas Herliyan.

Herliyan mengatakan itu ketika melepas 71 orang jamaah umrah yang diberangkatkan gratis oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis. Pelepasn keberangkatan tersebut dilaksanakan di ruang utama Wisma Daerah Sri Mahkota, Sabtu (20/12/2014) malam.

Menurutnya, siapapun yang tahun 2014 ini memperoleh penghargaan yang diberikan Pemkab Bengkalis untuk diberangkatkan menunaikan ibadah umrah, ke depan diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaksanaan syiar Islam yang telah dilakukan selama ini.

''Sedangkan bagi yang belum atau juga menginginkan penghargaan serupa, pemberangkatan jemaah umrah ini diharapkan dapat menjadi pendorong atau pemacu dan pemicu diri untuk melakukan hal-hal serupa. Sehingga bisa memperoleh penghargaan yang sama,'' terangnya secara mengatakan pemberian umrah dan haji gratis seperti selama ini ke depan tetap dilanjutkan.

Dikatakannya, setiap tahunnya banyak sekali orang yang menghendaki dan memenuhi persyaratan mendapatkan penghargaan dari pemerintah kabupaten bengkalis untuk diberangkatkan menunaikan ibadah umrah dan haji. Bahkan ada yang langsung menghadap kepadanya. Namun, karena berbagai keterbatasan, maka tentu tidak semuanya bisa dipenuhi.

Untuk tahun 2014 ini misalnya, jumlah yang diberangkatkan hanya sebanyak 71 orang. Ke-71 jamaah umrah itu terdiri dari 61 orang guru mengaji, imam masjid/mushalla, penyelenggara jenazah dan qori/qoriah berprestasi dari seluruh kecamatan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini. Sedangkan sisanya 10 orang merupakan tenaga kebersihan Dinas Pasar dan Kebersihan Kabupaten Bengkalis.

''Ke-71 orang yang tahun ini dapat diberangkatkan k menunaikan ibadah umrah, merupakan orang-orang pilihan. Bukan saja pilihan pemkab Bengkalis. Lebih dari itu, yaitu terbaik di sisi Allah SWT. Karena, kesempatan bagi seseorang sehingga dapat menunaikan ibadah umrah, pada intinya merupakan panggilan dan bukti kecintaan Sang Khaliq kepada ummatnya,'' kata Herliyan.

Karena itu, kepada seluruh jamaah, Herliyan berpesan agar benar-benar menunaikan panggilan Allah SWT dengan sebaik-baiknya. ''Laksanakan ibadah dengan khusyuk dan banyak berdo’a di tempat-tempat yang mustajab. Karena do’a dan permohonan di sana, sangat besar peluang diijabah Allah SWT. Tapi untuk bapak-bapak, jangan minta yang bukan-bukan,'' ujar Herliyan bercanda. (rls)