PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Kota Pekanbaru menggesa pembangunan jalan lingkar luar yang menghubungkan Kota Bertuah dengan 3 kabupaten tetangga yakni Siak, Pelalawan dan Kampar. Jalan ini nantinya akan menjadikan Pekansikawan (Pekanbaru - Siak - Kampar dan Pelalawan) menjadi kekuatan ekonomi baru di kawasan Sumatera.

Walikota Pekanbaru H Firdaus ST, MT pada saat kunjungan ke lokasi lingkar luar, Minggu (19/4/2015) menyatakan optimismenya akan realisasi Jalan Lingkar Luar. Progres kegiatan mulai terlihat meski masih tahap awal.

Pada kunjungan ini, walikota berkeliling dari kawasan Tenayan  Jalan Badak perbatasan Pekanbaru-Siak tembus ke Lintas Timur Perbatasan Pelalawan  yang disebut dengan Jalan Lingkar luar paket satu. Seterusnya rombongan yang menggunakan sekitar 9 unit mobil tersebut meninjau pengerjaan jalan lingkar paket dua di perbatasan Pekanbaru-Kampar tepatnya Jalan Lintas Timur arah ke Siakhulu.

Dalam kunjungan tersebut, walikota yang juga didampingi Kabag Humas Ingot Ahmad Hutasuhut menyebutkan bahwa pengerjaan jalan lingkar luar tersebut adalah salah satu program stretgis Pemko Pekanbaru dalam mewujudkan pengembangan kawasan Perkotaan Pekansikawan.

''Kita tidak bermimpi, kita sudah memulai pembangunan jalan lngkar luar ini, sehingga seluruh kawasan di Kota Pekanbaru akan terbuka tidak ada lagi yang terisolasi, serta memberikan jangkauan transportasi yang cepat bagi masyarakat Kota Pekanbaru maupun bagi masyarakat di kawasan perbatasan Pekanbaru,'' ujar Walikota.

Ditambahkan Firdaus, bahwa pembangunan jalan lingkar luar adalah kebutuhan Kota Pekanbaru secara khusus untuk sekian puluh tahun yang akan datang. Dan menjadi pengembangan kawasan strageis bagi provinsi Riau dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Pekanbaru khususnya, Riau pada umumnya, yang tentunya bertujuan meningkatkan perekonomian Nasional.

''Mudah-muadahan dalam tahun 2015 ini dan tahun 2016 nantinya jalan lingkar luar sudah rampung dan bisa digunakan. Dengan demikian pembangunan kawasan perkotaan sudah berjalan pula, tinggal lagi peningkatan pembangunan di bidang lainnya seperti transportasi, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan  sektor lainnya,'' ulas walikota. (rls)