KUALAKAMPAR, GORIAU.COM - Kabupaten Pelalawan, Riau kembali melakukan gebrakan besar dalam bidang ketahanan pangan untuk mengantisipasi pertumbuhan penduduk yag semakin besar. Gebrakan ketahanan pangan tersebut dilakukan dengan dicanangkannya penanaman padi 5.000 hektar di Kuala Kampar.

''Penanaman serentak ini sudah dicanangkan Bupati Pelalawan, kemarin. Penanaman dilakukan di sejumlah lokasi di Pelalawan,'' ujar Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Pelalawan Drs H Atmonadi, MSi kepada wartawan, Jumat (21/9/2012).

Penanaman dilakukan di Desa Solok, Sungai Upih, Teluk Bakau, Serapung, Sokoi dan Desa Teluk Beringin yang merupakan salah satu basis pertanian tanaman pangan di Kabupaten Pelalawan, Riau. ''Jika tak ada kendala, sebagian besar bisa dipanen 100 hari ke depan, karena varietas padi yang bagus dan masa tanam yang pendek. Dan sebagian lagi dengan jenis Batang Piaman dengan masa panen enam bulan,'' tambahnya.

Program tanam 5.000 hektar padi ini juga didukung dengan bibit unggul yang mampu menghasilkan lima ton gabah perhektar atau 64 persen beras. ''Produksi ini dikalikan luas yang ada diperkirakan juga mampu membawa Pelalawan swasembada beras tahun depan. Karena itu Pelalawan akan terus mendukung program ketahanan pangan ini termasuk meningkatkan teknologi pertanian,'' tambahnya. (kst)