PEKANBARU, GORIAU.COM - Pekanbaru siap bekerjasama membangun daerah secara bersama-sama dengan wilayah hinterland seperti Siak, Kampar dan Pelalawan. Pembangunan terpadu tersebut akan mewujudkan wilayah baru dengan keunggulan-keunggulan baru.

Demikian disampaikan Walikota Pekanbaru H.Firdaus.ST.MT saat menghadiri seminar lokakarya (semiloka) dalam pengembangan kawasan kota baru dengan konsep Pekansikawan yang ditaja oleh Kamar Dagang Dan Industri (Kadin) Provinsi Riau di hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu ( 26/11/2014 ).

Dalam pembukaan seminar lokakarya ini dihadiri oleh Plt Gubernur Riau IR.H.Arsyad Juliandi Rahman.MBA, Walikota Pekanbaru H Firdaus ST MT, Bupati Siak Syamsuar, Bupati Kampar yang diwakili oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Bupati Pelalawan M Haris dan Ketua Kamar Dagang Dan Industri (Kadin) Provinsi Riau.

''Kegiatan seminar lokakarya ini dilaksanakan dalam pengembangan kawasan kota baru dengan konsep Pekansikawanyang bertujuan untuk membangun kota baru dengan memperhatikan hal-hal yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau dengan konsep Pekansikawan yang berarti Pemerintah Provinsi Riau harus memperhatikan hal-hal yang bisa menunjang perkembangan ekonomi provinsi riau dan yang dapat mensejahterakan rakyat riau. Hal ini dapat dilihat dari lajunya pertumbuhan penduduk khususnya kota pekanbaru yang mencapai 1,7 juta jiwa dengan pertumbuhan ekonomi nomor satu di Sumatera dan nomor lima di Indonesia,'' ujarnya.

Berdasarkan data-data tersebut tentu Pemerintah Provinsi Riau dengan Kamar Dagang Dan Industri (Kadin) Provinsi Riau telah membuat Memorandum of understanding (MoU) dengan Walikota Pekanbaru, Bupati Siak, Bupati Kampar dan Bupati Pelalawan dalam memajukan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Pengembangan kawasan kota baru itu tentu harus mempunyai perencanaan yang matang bahkan diperkirakan untuk terwujudnya hingga empat puluh sampai lima puluh tahun yang akan datang. Kota Pekanbaru yang mempunyai sektor unggulan yaitu perdagangan dan jasa, Kabupaten Siak mempunyai sektor unggulan yaitu pertambangan dan penggalian, Kabupaten Kampar mempunyai sektor unggulan yaitu pertanian dan penggalian ( komoditas dengan bahan bangunan ) dan Kabupaten Pelalawan mempunyai sektor unggulan pertanian dan industri.

Dengan melihat potensi ini Plt Gubernur Riau ingin mengakomodir kabupaten kota yang terdekat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, dengan memperhatikan infrastruktur yang baik. (rls)