JAKARTA, GORIAU.COM - Kota Pekanbaru kembali menoreh pretasi yang pantas dibanggakan, karena Pekanbaru menjadi kota terbaik dari seluruh kota yang ada di Indonesia, baik untuk kota kecil, sedang, besar dan bahkan kota metropolitan yang ada di Indonesia. Posisi Kota Pekanbaru diikuti pada posisi kedua oleh Kota dan Medan dan Kota Madiun di posisi ketiga. Prestasi yang membanggakan juga diraih oleh Kabupaten Siak sebagai pada posisi kedua untuk kategori Kabupaten se-Indonesia.

Piala penghargaan terbaik nasional tersebut diterima langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT  dari Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, Jumat malam (5/12/2014) dalam acara Malam Penghargaan PU di gedung SDA Kementerian PU RI di Jalan Pattimura Jakarta, dengan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Agraria dan Pertanahan, serta sejumlah Gubernur dan Bupati serta Walikota se-Indonesia.

Menariknya dalam acara yang sangat meriah namun jauh dari formalilatas tersebut, saat diumumkan posisi Pekanbaru, panitia  menayangkan profil kebinamargaan masing-nasing daerah disertai dengan sosok kepala daerahnya. Ketika nama Pekanbaru disebutkan dan profil singkat  Walikota  ditayangkan, beberapa kepala daerah lain  yang hadir langsung nyeletuk, ''wajarlah Pekanbaru meraih prestasi terbaik di bidang Bina Marga, Walikotanya memang orang teknik tulen dan menjiwai dunia PU Bina Marga,'' ujar  mereka yang disambut senyum hormat oleh Walikota Pekanbaru.

Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Mulyono dalam pengarahaannya, menyebutkan bahwa prestasi yang dicapai oleh masing-masing daerah merupakan  gambaran dari tingkat keseriusan kepala daerah dan perangkatnya dalam membangun serta mengawasi pelaksanaan pembangunan yang bermutu dan berorientasi kepada kepentingan masyarakat luas secara regional maupun nasional.

Sementara itu Walikota Pekanbaru yang didampingi Kadis PU Bina Marga Azmi dan Kepala Bappeda Sofyan seusai menerima penghargaan tersebut menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih di bidang PU Bina Marga.

''Alhamdulillah ya, Pekanbaru berada di peringkat pertama di Indonesia, ini prestasi yang patut disyukuri, tapi bukan untuk dibangggkan. Prestasi ini adalah motivasi untk kita semua untuk mempertahankan dan meningkatkan kuaitas, perencananan, pelaksanaan dan pegawasan setiap proyek dan kegiatan pembangunan yang kita laksanakan,'' ujar Walikota dengan wajah yang sangat ceria.

Walikota juga menyebutkan bahwa prestasi yang diraih juga tidak lepas dari jalinan kerjasama  dengan Pemprov Riau terutama PU Provinsi Riau, Dinas Perhubungan Provinsi Ria serta dari lainnya yang berbatasan langsung dengan Kota Pekanbaru.

''Sekali lagi kita berterimakasih kepada Pemprov terutama Gubernur, PU Bina Marga , Dishub, serta daerah lain sekitar Pekanbaru, juga terkhusus kepada PU Bina Marga Pekanbaru dan seluruh lapisan mayarakat dan insan pers atas kerjasama dan dan dukungan kita semua,'' ulas Firdaus lagi.

Di kesempatan yang sama, Kadis PU Bina Marga Pekanbaru  Ir Azmi menyebutkan bahwa direncanakan akan ada upacara penyambutan  piala Bina Marga tersebut di Pekanbaru, sebagai wujud rasa syukur dan kebhagiaan kita meraih prestasi ini.

''Rencananya Senin  (8/12) akan kita sambut piala ini di Pekanbaru dalam acara penyambutan di halaman kantor Walikota,'' ujar Azmi. (rls)