PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau menetapkan target pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp300 miliar selama tahun 2013 untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah itu.

''Perolehan PAD sebesar Rp300 miliar lebih itu diyakini bisa  tercapai dengan mengintensifkan sumber-sumber pendapatan dari retribusi dukungan perolehan  antara lain dari sektor restoran, hotel dan air bawah tanah," kata Walikota Pekanbaru, Firdaus MT di Pekanbaru, Selasa (30/10/2013) sebagaimana dikutip www.goriau.com dari antarariau.com.

Perolehan PAD Kota Pekanbaru pada tashun 2011 justru tercapai Rp300 miliar, sehingga pada tahun 2013 Pemerintah Kota Pekanbaru mematok target Rp300 miliar lebih.

Menurut Firdaus, potensi lainnya yang bisa mendongkrak perolehan PAD kota itu adalah dari retribusi walet dan pajak bumi bangunan (PBB).

Firdaus menambahkan, pihaknya terus mengkampanyekan tentang pentingannya penyetoran PBB itu oleh masyarakat karena merupakan bagian dari kewajiban mereka untuk mendorong percepatan pembangunan di daerah itu.

''Wajib Pajak terus diimbau untuk segera menyetorkan pajaknya dengan perhitungan yang jujur, apalagi Pemko Pekanbaru sudah memberikan banyak kemudahan pada mereka,'' katanya.

Sedangkan untuk memaksimalkan upaya tersebut, Pemko Pekanbaru akan menggunakan tenaga konsultan publik dalam mendukung transparansi perolehannya serta IT.

Kota Pekanbaru Kota Pekanbaru terletak antara 101°14' - 101°34' Bujur Timur dan 0°25' - 0°45' Lintang Utara. Dengan ketinggian dari permukaan laut berkisar 5 - 50 meter.

Permukaan wilayah bagian utara landai dan bergelombang dengan ketinggian berkisar antara 5 - 11 meter. Sedangkan luas wilayah tercatat 632,26 km persegi dengan 12 kecamatan dan 58 kelurahan. ***