PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di seluruh kabupaten dan kota, termasuk daerah pesisir yang dinilai masih rendah.

Rencana tersebut sudah dikonsepkan dalam kawasan terpadu dengan nama Pekansikawan yang melibatkan Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kampar dan Pelalawan.

Pembangunan dan perkembangan sektor ekonomi di Riau masih terfokus di Kota Pekanbaru. Perlu penguatan untuk daerah pendamping dan penunjang mengejar realisasi target tersebut.

"Kita mendorong pengembangan Kawasan Terpadu Pekansikawan, karena Pekanbaru sudah menjadi Kota Metropolitan dan perlu daerah penunjang," kata Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri), H Arsyadjuliandi Rachman kepada GoRiau.com.

Pengembangan Kawasan Terpadu Pekansikawan bertujuan menyebar pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ke wilayah sekitar ibu kota provinsi tersebut.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan pengembangan juga dilakukan ke kawasan pesisir Riau. "Seperti Dumai, Inhil, Bengkalis dan wilayah pesisir lainnya," kata Plt Gubri.

Karena bukan tidak mungkin wilayah pesisir tersebut akan dikembangkan secara bagus, sebab Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah sudah menjalankan gagasan pembangunan Tol Trans Sumatera yang sudah berjalan di beberapa daerah.

Pengembangan kawasan terpadu tersebut membuka peluang investasi di sektor properti. Untuk itu, Pemprov Riau mengajak pemilik modal membangun kota tumbuh baru di wilayah yang masuk ke dalam kawasan penunjang.***