BENGKALIS, GORIAU.COM - Di Pemerintah Kabupaten Bengkalis masih minim pegawai teknis di bidang perhubungan. Sejumlah pejabat atau pegawai yang saat ini menerajui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkalis, berasal dari berbagai disiplin ilmu diluar disiplin ilmu perhubungan.

Hal itu disampaikan Kepala Dishubkominfo Kabupaten Bengkalis, H Jaafar Arief pada acara pisah sambut sejumlah Kepala Bidang (Kabid) dan Kepala Seksi (Kasi), di lingkup Dishubkominfo, Rabu (16/4/2014). Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi minimnya tenaga teknis bidang perhubungan kata Jaafar, salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai pelatihan dan pendidikan yang dilakukan oleh Kementrian Perhubungan atau yang berkaitan dengan itu.

''Harus kita akui, Dishubkominfo ini tidak ada pegawai atau pejabat yang berlatar belakang disiplin ilmu Perhubungan. Seperti saya sendiri, sama dengan pak Radius, begitu juga pak Asnurial. Sedangkan pak Ngawidi disiplin ilmunya adalah Sarjana Tekhnik. Hanya memang, untuk memahamu dunia perhubungan banyak cara yang bisa kita lakukan, diantaranya dengan mengikuti berbagai pelatihan dan pendidikan,'' ujar Jaafar.

Selain dengan mengikuti berbagai pendidkan dan pelatihan, membaca buku-buku reperensi  yang berkaitan dengan perhubungan dan aturan-aturan hukum yang ditetapkan, juga menjadi hal yang tidak bisa diabaikan. "Intinya, mari terus kita tingkatkan SDM, agar Dishubkominfo bisa benar-benar menjadi SKPD yang bisa mempertanggungjawabkan seluruh tugasnya,'' sebut Jaafar lagi.

Terkait dengan mutasi jabatan yang baru saja dilakukan, kata Jaafar setiap mutasi bertujuan bagaimana membangun sebuah organisas agar lebih solid dan baik. Selain itu juga sebagai promosi jabatan bagi sejumlah PNS. 

''Mutasi itu bertujuan positif, mari kita maknai dengan positif pula. Bagi rekan-rekan yang belum memahami tugasnya yang baru, segeralah belajar agar tugas-tugas yang dirancang sejak awal bisa berjalan dengan baik'' pesan Jaafar.

Terkait dengan proses tender, seperti disampaikan Bupati Bengkalis, bahwa diharapkan pada bulan Mei mendatang seluruh proses atau tahapam tender sudah selesai. ''Semua SK, baik itu SK KPA maupun PPTK sudah saya tandatangani semua. Segera susun schedule. Yang belum punya perencanaan, cari rekanan yang bagus untuk mengerjakan dan segera ditenderkan,'' pintanya.

Para pejabat yang serahtrima jabatan di Dishubkominfo antara lain, Kabid Darat, Asnurial. Asnurial menggantikan Radius Akima yang dilantik menjadi sekretaris Dishubkomifo. Selain itu, H Ngawidi ST sebagai Kabid Laut, Syaiful Bahri sebagai Kabid Kominfo. (jfk)