SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Joyah Artina (88), warga Sungai Apit Kabupaten Siak mengaku kuat dan tetap bersemangat menjalankan ibadah haji saat Bupati Siak H Syamsuar MSi menyalami sembari menanyakan kondisi kesehatannya.

"Insyaallah sehat Pak Bupati, saya tetap semangat dan ingin mengikuti semua rangkaian kegiatan ibadah haji ini," kata Joyah menjawab pertanyaan Syamsuar.

Pada kesempatan itu, Bupati melepas 174 Jamaah Calon Haji (JCH) Siak di Masjid Sultan Syarif Hasim atau lebih dikenal dengan nama Masjid Islamic Centre, Rabu (27/8/14).

Bupati mengimbau kepada semua JCH agar meluruskan niat terkait tujuan ke Mekkah hanya memenuhi panggilan Allah.

"Mari kita kimbali berniat untuk menjalankan ibadah ini karena Allah semata, sehingga kita dapat mencapai kekhusukan selama mengikuti rangkaian ibadah haji nanti," kata Bupati.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Siak, Mukharom menjelaskan, untuk tahun ini, Siak mendapatkan 174 kuota. Dari jumlah itu, 75 laki-laki dan 99 perempuan. Adapun rinciannya mulai dari terbanyak, Kecamatan Tualang 32 orang, Siak 23, Lubuk Dalam 19, Sungai Apit 17, Dayun 13, Bunga Raya 13, Kerinci Kanan 9, Mempura 9, Kandis 8, Koto Gasib 6, Sungai Mandau 6 dan Minas 5 orang. Sedangkan Joyah Artina (perempuan) dari Sungai Apit merupakan JCH tertua dengan umur 88 tahun, sedangkan Ika Wulan (perempuan) merupakan JCH termuda, berumur 27 tahun.

"Untuk Siak, JCH berada di kloter 7, sesuai jadwal akan diberangkatkan menuju embarkasi Batam pada 6 September nanti melalui pelabuhan Tanjung Buton. Nantinya Pak Wakil Bupati yang melepas," kata Mukharom.(nal)