SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Pemkab Siak secara resmi membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sejak Sabtu, 20 September hingga 3 Oktober dengan 127 formasi dari berbagai kualifikasi pendidikan, mulai tamatan SLTA, D III dan S1.

Pantauan GoRiau.com selama tiga hari ini, meskipun pemerintah telah mengumumkan pendaftaran CPNS melalui situs panselnas, namun sebagian besar warga Siak tetap mendatangi kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di Jalan Hangtuah. Umumnya, mereka tamatan SLTA sederajat yang ingin mengetahui jumlah formasi serta kualifikasi yang dibutuhkan.

"Kami mau lihat langsung formasi apa saja untuk tamatan SLTA bg, kalau lewat internet susah bukanya, jaringan sering lelet," kata Rina kepada GoRiau.com, Senin (22/9/14). Rina yang datang bersama lima orang temannya mengaku tamatan SLTA di Kecamatan Mempura.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) H Lukman mengatakan, untuk tahun 2014 ini, dari 127 formasi yang disediakan Pemkab Siak, 15 diantaranya untuk tamatan SLTA.

"Rincian 15 formasi itu, 5 untuk Pranata Pemadam Kebakaran, 7 Satuan Polisi Pamong Praja Pelaksana dan 3 Polisi Kehutanan Pelaksana," kata Lukman.

"Ini kesempatan bagi tamatan SLTA untuk menjadi CPNS, karena sudah lama juga formasi untuk SLTA ini tidak dibuka. Mereka yang lulus nanti akan diterima sebagai aparatur negara dengan golongan II/a,” tambah Lukman.

Terkait proses seleksi dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), kata Lukman, sejauh ini pihaknya masih menunggu keputusan dari BKD Provinsi Riau.

"Kalau untuk ujiannya, belum bisa kita putuskan, apakah di Siak atau di Pekanbaru karena masih menunggu keputusan dari pihak BKD Riau," jelas Lukman.(nal)