PEKANBARU, GORIAU.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman mengakui infrastruktur jalan di Riau masih memprihatinkan. Karena itu, tahun 2015 perbaikan jalan akan dimaksimalkan.

"Memang kita di Riau persoalan infrastruktur menjadi masalah besar. Tahun depan yang mana tanggungjawab kita akan kita maksimalkan lagi, kalau nasional kita segera usulkan," sebut Plt Gubri, Rabu (17/12/2014).

Menurutnya, saat ini jalan rusak nasional mencapai 87 kilometer. Sementara jalan rusak yang menjadi tanggung jawab provinsi sepanjang 1.166 kilometer. Untuk jalan nasional ini, pihaknya akan segera mengusulkan ke pusat.

"Jalan provinsi yang berada dalam kondisi baik 911 km atau 30,7 persen, kondisi sedang 936 km atau 30 persen. Jalan rusak masih cukup banyak yaitu 1.166 km atau 38, 44 persen," jelasnya.

Peningkatan pembangunan infrastruktur jalan di daerah ini lanjutnya, perlu ditingkatkan berdasarkan skala prioritas. Kebutuhan yang bersifat mendesak tentu harus diutamakan.

Tidak hanya masalah infrastruktur jalan papar Plt Gubri, soal kelistrikan yang juga dinilai masih menjadi perhatian. Saat ini, total kebutuhan listrik pada jam puncak mencapai 593 megawatt.

Saat ini daya terpasang masih sebesar 315 megawatt dengan kekurangan daya 277 megawatt. Dia berharap, pemerintah pusat memperhatikan masalah infrastruktur ini.***