SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Buruknya pelayanan PT PLN Rayon Siak dalam mendistribusikan aliran listrik, tidak hanya dikeluhkan masyarakat. Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi ternyata juga resah karena hampir setiap hari pihak PLN memutuskan aliran listrik, terutama saat masuk beban puncak mulai pukul 18.00 WIB.

Kekhawatiran Bupati ini semakin bertambah karena mulai 5-12 November nanti Pemkab Siak akan melaksanakan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diikuti 3.885 peserta dengan menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT).

"Masalah listrik ini bikin kita pusing juga saat ujian seleksi CPNS berlangsung, karena menggunakan komputer. Saya sudah surati pihak PLN untuk menanyakan masalah ketersedian daya listrik ini, tapi tak ada jawaban. Saya instruksikan pihak BKD untuk mengatasi masalah ini, koordinasi dengan PLN, jangan sampai saat ujian berlangsung, tiba-tiba lampu mati, bisa kacau nanti," kata Bupati saat memimpin rapat sinkronisasi penyelenggara pemerintah daerah Kabupaten Siak di Queenstar Water Park Siak, Kamis (30/10/14) malam.

Ikut hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati H Alfendri, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Kapolres Siak AKBP Dedi Rahman Dayan, Kajari Siak Zainul Arifin, Dandim Siak Letkol Wahyu serta seluruh pejabat dilingkungan Pemkab Siak, termasuk Camat dari 14 kecamatan.

Kendati pihak panitia sudah menyiapkan mesin genset di Gedung Maharatu, lokasi ujian seleksi CPNS dilaksanakan, namun Bupati masih khawatir karena mesin itu disiapkan sebagai cadangan, jika lampu mati saat ujian berlangsung.

"Memang ada mesin cadangan, tapi kalau komputer peserta ujian yang rusak akibat lampu mati, ini kan repot juga jadinya. Kita tahu komputer itu perangkat lunak, pas dihidupkan lagi saat mesin genset digunakan, malah komputer yang rusak," ujarnya.

Kepala BKD Siak H Lukman berjanji akan menindaklanjuti instruksi Bupati terkait persoalan listrik tersebut. Dia akan berkoordinasi dengan pihak PLN untuk memastikan tidak akan terjadi pemadaman listrik selama pelaksanaan ujian CPNS berlangsung."Secepatnya masalah ini kita koordinasikan dengan PLN," kata Lukman.

Dia menambahkan, sebelum pelaksanaan ujian CPNS Siak digelar pada 5-12 November nanti, pada 3 November pihaknya akan melakukan simulasi yang bertujuan untuk mengatur kesiapan semua peralatan, terutama komputer.(nal)