BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Seluruh kontraktor di Kabupaten Rokan Hilir mengeluh karena ada tambahan untuk mengikuti tender lelang berupa mendaftar sebagai peserta jamsostek.

''Mengapa saat ini baru diminta. Ini sama saja mempersulit kontraktor untuk ikut lelang,'' kata Khaidir, salah satu kontraktor yang diamini oleh kontraktor lainnya kepada GoRiau.com, Sabtu (23/8/2014).

Khadir mengatakan, untuk mengurus peserta Jamsostek dikenakan biaya Rp 475 ribu. Belum lagi biaya transportasi untuk ke Dumai serta administrasi lainnya. Berkaca dengan kabupaten lain, pokja tidak ada meminta syarat yang dimaksud.

''Jika sudah menang tender tidak ada masalah. Ini baru mengikuti lelang sudah dipersulit dengan syarat yang tidak masuk akal,'' kata Khaidir yang menyebutkan syarat untuk mendapatkan Jamsostek harus mengisi daftar penghasilan perbulan.

Di tempat yang sama, rekanan lainnya, Udin meminta kepada pokja untuk tidak menambah persyaratan yang tidak sesuai dengan Perpres 70 karena menurutnya, sistem tender online saja sudah memberatkan kontraktor lokal yang masih melek dengan internet apalagi ada tambahan persyaratan lain. (***/amr)