BENGKALIS, GORIAU.COM - Sejumlah kalangan beranggapan bahwa lembaga DPRD Kabupaten Bengkalis tidak akan bisa menjalankan fungsinya secara maksimal untuk lima tahun ke depan. Alasannya, kepala daerah saat ini dijabat Ketua DPW PAN, sementara Ketua DPRD juga bakal dijabat Kader PAN.

Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis sementara, H Heru Wahyudi menepis keraguan tersebut. Menurutnya, lembaga DPRD itu sifatnya kolektif kolegial. Artinya, keputusan tidak berada di tangan ketua atau pimpinan, melainkan di tangan seluruh anggota.

''Setiap keputusan di DPRD itu dilakukan secara bersama, tidak bisa hanya dilakukan oleh ketua atau unsur pimpinan karena sifatnya kolektif kolegial. Lembaga DPRD tetap akan menjalankan fungsinya secara maksimal sesuai kewenangan yang ada di lembaga DPRD itu sendiri,'' ujar Heru ditemui usai pelantikan, Senin (15/9/2014).

Dijelaskan Heru, kesamaan partai kepala daerah dan ketua DPRD serta 7 anggota DPRD asal PAN, malah akan menambah sinergitas antara eksekutif dan legislatif. Terutama dalam membela dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

''Kontrol itu tetap harus ada dan kami akan bekerja sesuai fungsi lembaga ini. Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama mengawasi dan memberikan sumbang saran terkait kinerja eksekutif dan legislatif,'' ujarnya.

Ketua DPD PAN Bengkalis yang sudah dua priode duduk sebagai anggota DPRD Bengkalis ini berharap dukungan dan doa seluruh lapisan masyarakat, agar dirinya bersama 44 anggota DPRD yang lain bisa mengemban amanah yang dititipkan masyarakat.(jfk)