SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Jika tak ada aral melintang, pertengahan bulan September 2014 nanti, PT Petro Selat dan PT PLN akan melakukan uji coba Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) berkapasitas 25 Megawatt yang berada di Kelurahan Sungai Rawa, Kecamatan Sungai Apit, Siak. Apabila uji coba ini berhasil dan PLTG dapat dioperasikan, maka Pemkab Siak akan mendapatkan 10 Mw daya listrik yang nantinya dialirkan ke tujuh kecamatan.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Siak, Amin Budyadi kepada GoRiau.com, Jumat (6/9/14).

"Untuk melakukan uji coba PLTG ini, harus melalui sejumlah proses persiapan, termasuk menetapkan alokasi gas, dimana harus ada izin dari Kementerian ESDM. Selain itu, sebelum uji coba kita juga melakukan pertemuan dengan manajemen PLN dan PT Petro Selat," kata Amin.

"Informasi yang kita terima dari pihak SKK Migas di Jakarta, operasional PLTG di Sungai Rawa masih tunggu izin, terkait alokasi gas dari Kementrian ESDM," tambahnya.

Dijelaskan Amin, pembangunan PLTG merupakan kerjasama PT Petro Selat dengan PLN. Kendati demikian, karena daerah operasi berada di Siak, maka kedua perusahaan plat merah ini akan mengalokasikan sekitar 10 Mw daya listrik untuk masyarakat.

"Untuk itu, kita harus membangun jaringan listrik yang nantinya dialirkan ke desa-desa yang ada di tujuh kecamatan, diantaranya, Kecamatan Sungai Apit, Sabak Auh, Pusako, Bunga Raya, Siak, Mempura dan Kecamatan Dayun. Kalau ini terealisasi, ratusan desa/kelurahan yang berada di tujuh kecamatan ini akan terang benderang," tutup Amin.(nal)