PEKANBARU, GORIAU.COM - Walau pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2013, Pemko Pekanbaru hanya kebagiam jatah 30 orang! Itupun untuk guru sekolah dasar (SD) namun tidak menyurutkan semangat pencari kerja untuk mengurus Kartu AK-1 atau lebih dikenal dulu istilah Kartu Kuning di Dinas Tenga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru.


Seperti pantauan lapangan, Kamis (21/8/2013) di Kantor Disnaker Pekanbaru Jalan Kapling. ''Benar, sejak diumumkan ada penerimaan CPNS tahun 2013, Pencaker bludak mengurus Kartu AK-1,“ ujar Kepala Disnaker Pekanbaru melalui Kepala Seksi (Kasie) Informasi Pasar dan Bursa Kerja, Abdul Rahim ditemui di ruang kerjanya, Kamis (22/8/2013).


Ia mengatakan di hari hari biasa yang mengurus AK-1 hanya berkisar 25 orang, tapi kini jelang penerimaan CPNS semakin banyak, hingga mencapai 100 orang.


''Mungkin karena kartu AK-1 sesuai aturan baru berlaku se-Indonesia. Maka wajar, kendati saat ini untuk penerimaan CPNS Kota Pekanbaru hanya sebanyak 30 orang, itu pun hanya untuk guru-guru SD. Namun pembuatan Kartu AK-1 membludak,'' kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) Penempatan dan Perluasan Kerja.


Pembuatan Kartu AK-1 ini, terang Abdul Rahim menggunakan sistem online di Kantor Disnaker dengan menyediakan fasilitas sebanyak delapanunit, sehingga Pencaker dapat langsung mengisi data-data identitas sesuai form Kartu AK-1. Tapi sebut Abdul Rahim, ini juga bisa dilakukan Pencaker di warnet, lalu di print dam Disnaker langsung melegelasir.


Dikesempatan itu Abdul Rahim ini mengatakan sebenarnya membuat Kartu AK-1 jelas sangat mudah dan cepat. Asal para Pencaker tersebut melengkapi persyaratan seperti wajib menyerahkan foto copy ijazah yang terakhir dan foto copy KTP beserta foto ukuran 3 x 4 inc sebanyak tiga lembar. Bila perlu jika ada memiliki sertifikat keahlian dapat dilampirkan karena ini bisa jadi sebagai bukti kalau Pencaker punya keahlian.


Namun demikian sebutnya, tidak dibenarkan Pencaker memiliki dua atau lebih Kartu AK-1 dengan daerah kabupaten/kota berbeda. Pada kesempatan itu, Abdul Rahim juga memprediksi bahwa lonjakan pembuatan Kartu AK-1 ini nantinya tetap berlangsung hingga di akhir September 2013 mendatang sesuai jadwal pembukaannya penerimaan pendaftaran CPNS ini diperkirakan Badan Kepegawaian Daerah (BKD).


''Pencaker ngurus Kartu AK-1 akan diprediksi melonjak hingga diakhir bulan September 2013 mendatang sesuai dengan jadwal pembukaan penerimaan pendaftaran PNS yang diperkirakan pihaknya BKD sebagai instansi terkait. Sebab, puncaknya bisa jadi itu dibulan Oktober 2013,“ katanya seraya menegaskan pihak Disnaker Pekanbaru saat ini telah melaporkan jumlah Pencaker Kota Pekanbaru ke Kemenaker dengan jumlah hingga Juli 2013 sebanyak 6.200 orang. (rdi)

Punya info menarik di sekitar anda atau ingin berbagi berita silahkan sms ke 081365093962 atau via email: goriau2012@gmail.com (lengkapi data diri atau instansi untuk berita warga dan rilis)