SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Belum selesai persoalan terkait sejumlah dokumen perizinan, PT Musim Mas yang beroperasi di Desa Buatan II Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, kembali mendapat kritikan dari masyarakat setempat. Pasalnya, akses jalan yang digunakan armada perusahaan menuju pabrik kondisinya semakin parah.

Padahal, jalan yang menghubungi Desa Buatan I dan Teluk Rimba, Kecamatan Koto Gasib itu setiap hari digunakan masyarakat untuk menjalankan aktivitasnya.

"Sudah bertahun-tahun jalan ini rusak, tapi sepertinya tak ada niat baik dari PT Musim Mas untuk memperbaiki. Pemerintah daerah juga tutup mata dan tak peduli dengan masyarakat di daerah kami ini," kata Soleman, warga Koto Gasib saat menghubungi GoRiau.com, Jumat (22/8/14).

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Kabupaten Siak, Irving Kahar mengaku kesal mendengar informasi itu. Dia menjelaskan, pada pertemuan dengan PT Musim Mas beberapa waktu lalu, tim terpadu Pemkab Siak telah memperingatkan perusahaan untuk memperbaiki jalan sepanjang 3 kilometer untuk kepentingan masyarakat sekitar.

"Artinya, kalau tak dipenuhi, maka pengoperasian PT Musim Mas itu harus dihentikan sementara," tegasnya.

Kendati demikian, fakta dilapangan bicara lain. Padahal, sekitar bulan Mai 2014 lalu, Badan Penaman Modal dan Pelayananterpadu (BPMP2T) Siak telah mengeluarkan surat pemberhentian operasional PT Musim Mas yang berada di Kecamatan Kota Gasib, namun tetap tidak diindahkan.

"Tak satupun izin operasional yang dimiliki PT Musim Mas sampai saat ini. Kalau tak ada juga niat pihak perusahaan untuk mengurusnya, dalam waktu dekat ini kita akan ambil tindakan tegas," kata Kepala BPMP2T Siak, Heriyanto.(nal)