PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Pemkab Rokan Hulu menggelar Pekan Muharam 1436 H dengan menggelar berbagai perlombaan-perlomban keagamaan. Untuk itu, Bupati Rokan Hulu Achmad meminta kegiatan ini bisa menjadi sarana introspeksi dan muhasabah diri. Demikian harapan Achmad pada pembukaan Pekan Muharam yang dilakukan di Plaza Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasir Pangaraian, Rabu (22/10/2014).

Kegiatan itu, selain dihadiri Bupati Rokan Hulu, tampak hadir Sekdakab Rokan Hulu, Kapolres Rokan Hulu, Kejari Pasir Pangaraian, Kepala, Dinas, Badan, Kantor, Tokoh Agama, Tokoh Adat, santriwan/wati Tahfiz dan lainnya.

Bupati Rokan Hulu mengatakan dengan memontum semangat 1 Muharam 1436 H, tentu akan memberi dampak kepada masyarakat, pertama kepada generasi muda, iven-iven ini bisa melatih mereka termasuk pelajar-pelajar akan semakin mantap dalam memaknai dan memahami ajaran Islam.

Kedua, pekan Muharam ini, sebagai gema syiar agama Islam di Negeri Seribu Suluk, apalagi pada Sabtu depan akan digelar pawai takruf dengan menghadirkan sebanyak 30 ribu peserta.

Ketiga momentum ini juga sebagai muhasabah diri dengan pergantian tahun berarti ''jatah'' umur sudah berkurang akan ada perhitungan diri, berapa kebajikan dan kebaikan yang dilakukan kemudian takaran dosanya yang diperbuat, jadi akan timbul semangat baru untuk meneggakkan amar makruf nahi dan mungkar.

''Dengan perubahan tahun tentu akan ada kesiapan kita baik dalam bekerja, beramal dan interaksi sosial kita berharap tahun ini akan lebih dari tahun kemarin,'' ucapnya.

Kata Achmad, puncak 1 Muharam, Sabtu malam akan melibatkan semua komponen masyarakat pengusaha, masyarakat, biroksi, pelajar, seleruh warga Rokan Hulu di 16 kecamatan.

''Dalam hidup ini tidak terlepas dari tiga dimensi, masa lampau, masa kini dan masa depan, jadi semangat Muharam menjadi agenda-agenda tahunan terhadap perjalanan program pembangunan keagamaan di Negeri Seribu Suluk,'' terangnya.

Ketua MUI Rokan Hulu Hasbi Abduh memuji program Pemkab Rokan Hulu dan menilai positif dalam pengembangan dakwah Islamiyah dan pada tahun baru Islam semua masyarakat Rokan Hulu harus bergembira.

''Kita harapkan dakwah Islamiyah bisa berkembang dan kualitas pengamalan agama lebih ke depannya," kata Hasbi Abduh lagi.

Panitia Pelaksana Mirzal Hamzah mengatakan perayaan tahun baru 1436 Hijiriyah, beragam kegiatan dilaksanakan diantaranta lomba pidato, nada dan dakwah, fashion show, MTQ, hafiz quran dan lainnya.

''Kami sangat berterima kasih pada Bupati Rokan Hulu yang terus memberikan bimbingan sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses,'' pungkasnya. (ram)