PEKANBARU, GORIAU.COM - Rektor dan sejumlah guru besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Riau, berdecak kagum melihat perencanaan pembangunan kawasan Perkotaaan yang sedang digesa oleh Pemko Pekanbaru. Para guru besar ini meyakini bahwa beberapa tahun yang akan datang, Pekanbaru akan menjadi kota yang canggih, modern dan cerdas di Indonesia.

Ungkapan kekaguman dan optimisme itu diungkapkan Rektor IPDN yang diwakili Bidang Direktur Ketataprajaan Drs H Asmungi, Kamis (27/11/2014) di aula Kantor Walikota saat pembukaan seminar Nasional tentang Kesiapan dan Inovasi Pemerintah Daerah dalam menghadapi Pembangunan Ekonomi Masyarakat ASEAN Tahun 2015.

Ungkapan itu juga dibenarkan oleh tiga guru besar IPDN yang hadir masing-masing Prof Sadu, Prof Ilham, dan Prof Firman, dimana menurut Prof Sadu mengatakan apa yang direncanakan Walikota Pekanbaru menunjukan betapa matangnya perencanaan yang dibuat oleh Walikota Pekanbaru dalam membangun kawasan perkotaan baik kawasan Pekansikawan maupun pembangunan komplek Perkantoran Pemko Pekanbaru di Tenayan Raya.

''Ini tidak lagi sekedar perencanaan, tetapi seperti yang kita saksikan tadi bahwa proses dan implentasinya sudah berjalan. Pusat Pemerintahan Kota Pekanbaru akan sangat indah, modern, asri dan tertata rapi, dengan IT yang sangat terencana,'' ujar Prof Sadu.

Dalam seminar yang dihadiri ratusan praja IPDN serta para petingi IPDN dan para pejabat di jajaran Pemko Pekanbaru itu, pimpinan IPDN menyampaikan apresiasi atas komitmen Pemko menyediakan lahan untuk pembangunan Kampus IPDN yang juga direnacanakan berada di kawasan rencana pusat perkantoran Pemko Pekanbaru.

Sementara itu Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT dalam sambutannya saat membuka seminar tersebut, menyebutkan bahwa pembangunan kawasan Perkotaan dan pembangunan pusat Pemerintahan Kota Pekanbaru buklh epntingan janga pendek, tetapi untuk kepentingan jangka panjang yang akan dirasakan manfaat perkermbanganya oleh generasi selanjutnya.

''Ini rencana besar, dan kerja yang besar, disertai tanggungjawab yang besar, untuk menjadikan kota ini menjadi Kota yang modern diminati oleh para pelaku usaha membuka lapangan kerja yang luas, serta memberikan rasa aman, nyaman, demi kesejahteraan masyarakat luas di segala lapisan,'' ujar Walikota. (rls)