PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Setelah wacanakan akan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Quran Syekh Ibrahim, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu juga wacanakan akan mendirikan sekolah penerbangan pada 2015.

Hal itu diketahui dari Rapat Koordinasi sekaligus ekspose dipimpin Bupati Rohul Achmad bersama Wakil Bupati Rohul Hafith, Kepala Satuan Kerja terkait, pihak akademisi, dan pihak konsultan di aula lantai II Kantor Bupati Rohul, Kamis (27/11/14) sore.

Sekolah penerbangan setingkat akademisi strata satu (S1), direncanakan dibangun di Bandara Tuanku Tambusai Pasirpangaraian berlokasi di Kecamatan Rambahsamo. Sedangkan asrama mahasiswa, akan menggunakan asrama Surau Suluk Syekh Ibrahim di Kampung Baru Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah.

Bupati Rohul Achmad mengklaim jika rencana terealisasi pada Februari 2015, sekolah itu akan menjadi sekolah penerbangan pertama di Provinsi Riau, bahkan di Pulau Sumatera.

Pemkab Rohul, jelas Achmad, berkomitmen dalam mengembangkan sekolah penerbangan di Bandara Tuanku Tambusai. ''Apalagi, bisnis penerbangan sangat menjanjikan di waktu akan datang,'' kata Bupati Achmad.

Sekolah penerbangan di Rambahsamo diharapkan dapat mencetak pilot handal untuk mengisi kekurangan di beberapa armada maskapai penerbangan nasional dan internasional.

Bupati Rohul optimis jika pada Februari tahun depan sekolah bisa didirikan di Bandara Tuanku Tambusai Pasirpangaraian. Untuk tahap awal, direncanakan sekolah penerbangan itu baru menerima 40 pendaftar. (ram)