PEKANBARU, GORIAU.COM - Entah karena berat mempertanggungjawabkan atau faktor lain, yang jelas, akibat surat pernyataan dari kepala desa serta bendahara desa soal pencairan dana Inbup-PPID tak lengkap, dana dana instruksi bupati - program Penguatan infrastruktur desa belum dicairkan Pemkab Bengkalis.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Bengkalis, Eduar, dikonfirmasi, Rabu (3/10/2012), membenarkan kalau dana Inbup-PPID tersebut belum dicairkan ke rekening desa.

''Masih ada kekurangan administrasi berupa surat pernyataan dari kepala desa serta bendahara desa soal pencairan dana Inbup-PPID yang masing-masing desa mendapat jatah Rp1 miliar pertahun,'' ujarnya.

Dikatakan, awalnya dana tesebut akan dicairkan, namun setelah dilakukan pengecekan ke PPKD Bagian Keuangan Sekretariat Daerah, masih ada persyaratan yang masih kurang dan belum diserahkan pihak desa sehingga pengiriman (transfer) ditunda dahulu. ''Kita sudah beritahukan kepada seluruh desa untuk segera melengkapi persyaratan yang kurang tersebut secepatnya,'' terang Eduar.

Mantan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) ini meengatakan, pencairan dana Inbup-PPID akan dilakukan seratus persen, langsung ditransfer Rp1 miliar kepada seluruh desa. Setelah dicairkan ke rekening desa, dana Inbup-PPID diserahkan desa melalui organisasi masyarakat setempat (OMS) sebagai pengelola.

Sistem pencairan Inbup-PPID dari pihak desa ke OMS akan dilakukan sebanyak tiga tahap sesuai dengan aturan main yang sudah ditetapkan.Tahap pertama sebesar 40 persen, disaat kegiatan sudah akan dimulai melalui OMS tersebut. Kemudian tahap dua dicairkan setelah pekerjaan mendekati 50 persen sebesar 30 persen dan sisa 30 persen lagi direaliasikan menjelang berakhirnya pekerjaan atau mencapai 75 persen.

''Dana Inbup-PPID ini tidak dikelola pihak desa, melainkan OMS yang bertnggungjawab atas program tersebut di desanya masing-masing. Pencairan dari Pemkab Bengkalis ke rekening desa dilakukan hanya sekali, sedangkan pencairan dari desa ke OMS dilakukan sebanyak tiga kali,'' beber Eduar. (jfk)