PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM -Pemerintah Kabupaten Pelalawan melakukan langkah efesiensi guna menghemat anggaran yang ada. Salah satu upaya yang sedang dilakukan adalah rasionalisasi melalui penggabungan dinas dan badan. Rencana peleburan ini sudah disampaikan kepada DPRD Pelalawan.

''Rencananya sejumlah dinas akan mengalami perampingan pada Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) kabinet HM Harris - Marwan Ibrahim. Rencananya ide ini akan dilaksanakan sebelum tahun 2013 mendatang,'' ujar Ketua Komisi A DPRD Pelalawan Nasaruddin, SH, MH Selasa (25/9/2012).

Draf Ranperda SOTK sudah masuk dan baru dibahas DPRD Pelalawan. Sesuai pengajuannya, SOTK ada sejumlah dinas, badan dan kantor akan diciutkan.

Mantan aktivis Himpunan Pelajar Mahasiswa Pelalawan (Hipmawan) Yogyakarta ini menyebutkan, alasan perampingan sebagai penghematan anggaran. ''Ya kalau saat ini boleh dikatakan belum efektif dan efisien yang menyebabkan anggaran membengkak. Jika dirampingkan tentu akan lebih baik dengan tidak mengabaikan tugas pokok dan fungsi setiap Satker,'' jelasnya.

Mantan PNS yang putar haluan menjadi politisi ini menyebutkan, tak hanya perampingan dinas, juga akan muncul dinas baru yang diharapkan lebih fokus bekerja dibidangnya. ''Rencananya Pemkab akan membentuk Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Tata Ruang. Kalau selama ini tugas ini digabungkan dengan Dinas Cipta Karya tentunya kedepan tidak lagi. Malahan Dinas Cipta Karya dan Bina Marga digabung lagi menjadi Dinas Kimpraswil,'' papar Nasar.

Finalisasi perampingan dinas pada SOTK ini rencananya akan tuntas sebelum pembahasan APBD 2013. (kst)