PEKANBARU, GORIAU.COM - Untuk kesekian kalinya, Anggota DPD RI kembali mewacanakan pembangunan kantor perwakilan di Provinsi Riau. Rencana ini disampaikan Anggota DPD RI asal Riau saat melakukan pertemuan dengan Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri), H Arsyadjuliandi Rachman, Jumat (24/10/2014).

"Wacana ini sudah lama, tetapi untuk kali ini kita ingin mengusulkannya kembali," kata Anggota DPD RI, Maimanah Umar kepada GoRiau.com, Jumat (24/10/2014) usai pertemuan.

Prosedurnya, kata Maimanah, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau cukup menyediakan lahan untuk pembangunannya. Sementara seluruh biaya mulai dari fisik hingga operasional staf yang ditempatkan nantinya ditanggung Pemerintah Pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

"Jadi cukup menyediakan tanah kemudian dihibahkan, sementara biaya pembangunannya ditanggung Pusat," lanjut Maimanah.

Maimanah beserta rombongan yang tergabung dalam Forum MD2 yang diantaranya MPR, DPD dan DPR RI asal Riau. Dikatakannya, sejauh ini beberapa daerah sudah membangunnya. "Bahkan ada yang telah diresmikan," ujar Maimanah.

Namun saat ditanyakan fungsi dan tujuannya, Maimanah mengatakan bahwa sangat diperlukan untuk menyampaikan aspirasi daerah ke pusat. "Bisa sebagai penyambung lidah secara cepat," tandasnya.

Sementara itu, Plt Gubri, H Arsyadjuliandi Rachman, mengaku belum bisa memutuskan hal tersebut. Karena perlu pengkajian dan pendalaman untuk melanjutkan wacana itu kembali.

"Akan kita pelajari dulu, kenapa dan bagaimana wacana sebelumnya sempat dihentikan atau distop pembangunannya," kata Plt Gubri.

Intinya, kata Plt Gubri, Pemprov Riau bersama instansi dan biro terkait akan mempelajarinya terlebih dahulu. "Karena kita tidak bisa serta-merta mengesahkannya begitu saja, harus dipelajari terlebih dahulu," sambung Plt Gubri.

Pertemuan tersebut juga membahas bagaimana Anggota DPD dan DPR RI asal Riau bisa memperjuangkan aspirasi daerah untuk pembangunan yang lebih baik ke depan.***