TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Berbagai cara dilakukan masyarakat di belahan dunia untuk menyambut datangnya tahun baru Islam 1436 Hijriah, seperti di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), penyambutan datangnya 1 muharam tersebut dilakukan dengan menggelar doa dan zikir bersama usai pelaksanaan shalat Magrib berjamaah.

Doa dan zikir bersama tersebut di pusatkan di Masjid Agung Al-Huda Tembilahan, Jumat (24/10/2014) malam, dimana selain dihadiri masyarakat luas, kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati, Wabup, Unsur Muspida dan Alim Ulama yang ada di Inhil.

Sebelum pelaksanaan doa dan zikir bersama tersebut, kegiatan diawali dengan pawai gema Muharram 1436, kemudian menjelang masuknya waktu Magrib dilanjutkan dengan pembacaan berjanji, salat Magrib berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan salat hajat serta doa dan zikir bersama.

Bupati Inhil, HM Wardan usai mengikuti doa dan zikir bersama tersebut mengatakan, pelaksanaan gema muharam tahun ini akan dilaksanakan selama 8 hari lamanya.

Dengan pergantian tahun ini pula, Bupati berharap, seluruh umat muslim di Inhil, agar melakukan evaluasi dan introfeksi diri masing-masing, sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

''Semoga kita lebih semangat lagi dalam membangun Negeri kita, kususnya Kabupaten Inhil ini. Serta dengan dilaksanakannya doa dan zikir bersama diawal tahun 1436 H ini, Inhil bisa terus aman, damai dan tentram sebagai mana yang kita cita-citakan bersama,'' ujar HM Wardan. (ayu)