PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Untuk mengantisipasi abrasi di tepian sungai, Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Rohul, tahun ini membangun 24 titik penahan tebing hampir di semua kecamatan, yang akan dianggarkan melalui dana APBD Rohul tahun 2014. 

Kepala Dinas BMP Rohul M Rivai melalui Kepala Bidang Pengairan BMP Rohul, Romi Kartika, mengatakan 24 paket proyek penahan tebing seperti turap dan bronjong merupakan usulan dari masyarakat yang bermukim di kawasan daerah aliran sungai (DAS).

''Dari 24 paket penahan tebing, 13 paket dilelang, sedangkan selebihnya penunjukan langsung (PL). Pembangunan penahan tebing dibangun nantinya dibangun di Sungai Kaiti, Rokan Kanan, Rokan Kiri dan Sungai Batang Sosa,'' Kamis (30/10/2014).

Terang Romi lagi, 24 paket untuk penahan tebing, nantinya dibangun di kecamatan yang dilalui aliran sungai, seperti di Kecamatan Rambah, Tambusai, Rambah Hilir, Kepenuhan Hulu, Kepenuhan, Rambah Samo, Ujung Batu, Kunto Darussalam serta di Kecamatan Rokan IV Koto.

''Untuk realisasi pekerjaan hingga 30 September 2014, sudah mencapai 65 persen,'' kata Romi, juga diakuinya, dirinya optimis seluruh paket selesai sebelum memasuki akhir tahun ini jika sungai tidak banjir

Menurutnya lagi selain 24 paket penahan tebing menggunakan dana APBD Rohul 2014, masih pada tahun ini, Dinas BMP Rohul juga mengawasi 3 paket proyek penahan tebing didanai dana APBN 2014, yakni di Kecamatan Rambah, Ujungbatu, dan Kecamatan Rambah Hilir.

Pada tahun 2015 mendatang, Dinas BMP Rohul juga sudah mengusulkan 5 paket penahan tebing ke Pemerintah Pusat melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Wilayah III Provinsi Riau, yakni pembangunan tembok atau bronjong di tiga sungai, yakni Sungai Rokan Kiri Ujungbatu, Rokan Kanan Rambah dan Sungai Batang Sosa Tambusai.

Untuk pembangunan turap di Kampung Tarondom Dusun Tanjung Harapan, Kelurahan Pasirpangaraian diperkirakan akan dilaksanakan pada tahun 2015. Termasuk, penahan tebing di Dusun Tanjung Belanti, Kecamatan Rambah.

Dinas BMP Rohul sendiri, sudah mengajukan ke BWS Wilayah III Riau untuk pembangunan penahan tebing sepanjang 200 meter di Sungai Batang Lubuh II Pasirpangaraian Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah.

Romi juga menjelaskan, untuk Sungai Batang Lubuh II, sudah ditinjau oleh BWS Wilayah III Riau, yang merupakan perwakilan dari Departemen Pekerjaan Umum Bidang Sumber Daya Air. (ram)