SELATPANJANG, GORIAU.COM - Dari data Badan Penghitungan Statistik (BPS) Kepulauan Meranti, inflasi di Kabupaten termuda di Riau itu turun drastis. Jika tahun 2011 lalu inflasi di Meranti mencapai 15,9 persen, tahun 2012 turun menjadi 2,03 persen.


Hal itu disampaikan Plh Kasi Neraca Wilayah dan analisis statistik BPS Kepulauan Meranti, Amelia Sarah SST, Kamis (9/1/2014) saat kegiatan sosialisasi tentang pengendalian inflasi daerah yang ditaja Pemkab Meranti. Ia menginfomrasikan juga tingkat inflasi pada tahun 2010 di Kepulauan Meranti yakni 5,93 persen.


"Nilai inflasi kita dapatkan dari rata-rata kenaikan harga setelah kita lakukan survei. Surveinya sendiri kita lakukan di ibukota Kabupaten sebagai parameter suatu daerah," katanya.


Amelia menjelaskan juga survei yang dilakukan nya bukan hanya sekali saja dalam setahun, namun dari dari bulan kebulan, tahun ketahun. Sehingga rata-rata kenaikan harga setiap bulan diakumulasikan dalam setahun dan didapati angka inflasi.


"Data inflasi tahun 2012 lalu dari perhitungan setelah data inflasi tahun sebelumnya. Jadi dari data selama dua tahun terakhir, terjadi penurunan rata-rata kenaikan harga di Kota Selatpanjang dan sekitarnya yang membuat data inflasi rendah," ucapnya.***