BENGKALIS, GORIAU.COM- Seorang dewan hakim dituntut untuk mengedepankan prinsip sebagai pengadil yang bijaksana. Karena hal tersebut merupakan sebuah amanah yang harus diemban dan dipertanggungjawabkan baik secara horizontal kepada sesama manusia dan yang paling utama secara vertikal kepada Allah SWT.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno, saat memberikan sambutan pada acara pengukuhan Dewan dan Majelis Hakim serta malam ta’aruf khafilah MTQ ke-40 tingkat Kabupaten Bengkalis, Jumat (29/5/15) malam.

"Keberadaan dewan hakim merupakan ujung tombak lahirnya qori-qoriah, hafiz-hafizah, mufasir-mufasirah terbaik. Sehingga, seorang hakim harus bebas dari kepentingan dan intervensi dalam menilai, cermat serta menentukan sikap dengan hati nurani yang amanah dalam syiar memuliakan Al-Quran," pesan Wabup.

Wabup Suayatno juga mengingatkan kepada dewan hakim agar kiranya bisa menjadi figur terpercaya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang akan menentukan hasil dari pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2015.

"Tugas dan tanggung jawab tersebut tentunya tidak mudah karena berkaitan dengan harapan berbagai pihak. Namun saya yakin dan percaya, sebagai sosok yang memiliki pengetahuan dan pengalaman, para dewan hakim akan melaksanakan tugas dan kewajiban yang diberikan secara profesional dan amanah," katanya.

Adapun dewan dan majelis hakim yang dikukuhkan langsung oleh Wabup pada malam itu berjumlah 52 orang, yang diambil dari Kecamatan Bengkalis 25, Bantan 6, Siak Kecil 1, Mandau 7, Pinggir 2, Rupat 1 dan dari kota Dumai berjumlah 2 orang ditambah dari kota Pekanbaru sebanyak 5 orang.

Malam ta’aruf yang juga dibarengi dengan pengukuhan dewan hakim MTQ ke-40 tingkat Kabupaten Bengkalis itu, turut diisi dengan ceramah agama oleh Ustadz Dr. Jhon Fahmil dari Kota Pekanbaru.

Tampak hadir pada malam tersebut, pejabat yang tergabung dalam Forkopimda, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis, H. A Rahman D, Kepala Kantor Kementerian Agama Bengkalis, H. Jumari, Ketua Umum Panitia MTQ, H. Heri Indra Putra, Ketua LPTQ Kabupaten Bengkalis, H. Arianto.

Kemudian, hadir juga sejumlah pejabat eselon II dan III dilingkungan Pemkab Bengkalis, Camat Bengkalis, Djamaluddin, Camat Bantan, Hendrik Dwi Hatmoko, para kafilah MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis dan sejumlah tokoh masyarakat, pemuka agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan serta tamu undangan lainnya. (ail)