SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Kewajiban PT PLN dalam menyediakan tenaga listrik untuk masyarakat Siak ternyata belum maksimal. Buktinya, hingga akhir tahun 2014 ini, dari 131 desa dan kelurahan yang tersebar di 14 kecamatan, masih tersisa 51 desa/kelurahan yang belum menikmati listrik PLN, sisanya masih menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang dibantu oleh pemerintah daerah.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Siak Amin Budyadi kepada GoRiau.com, Rabu (17/12/14).

Belum maksimalnya peran PLN dalam menyuplay listrik, kata Amin, membuat Rasio Elektrifikasi (RE) Siak hanya 47,68 persen."Angka itu menempatkan Siak diurutan 9 dari 12 kabupaten/kota di Riau. Sementara RE Riau 62,83 persen," kata Amin.

Adapun desa dan kelurahan yang sudah menikmati listrik PLN itu, lanjut Amin, berada di bawah areal Dumai, yakni PLN Rayon Duri yang menangani Kecamatan Kandis. Sedangkan areal Pekanbaru menangani PLN Rayon Siak, Perawang, dan Pangkalan Kerinci.

"Ini kondisi yang terjadi saat ini. Kita berharap di tahun 2015 nanti, PLN menambah daya agar semua masyarakat Siak bisa menikmati listrik 24 jam dari perusahaan plat merah ini," pungkasnya.(nal)