TELUK KUANTAN, GORIAU.COM - Bupati Kuantan Singingi H Sukarmis menyumbangkan dana Rp15 juta kepada Jalur Siposan Rimbo RAPP dari Desa Pauh Angit, Kecamatan Pangean, sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilannya meraih juara pertama pada Festival Pacu Jalur Tradisional Tahun 2014. Jalur kebanggaan masyarakat Pengean ini mampu memulangkan Piala Menteri Pariwisata RI yang pada tahun sebelumnya diraih Jalur Untung Bertuah dari Kabupaten Inhu.

Sumbangan tersebut diberikan secara langsung kepada pengurus Jalur Siposan Rimbo melalui acara syukuran dan silaturahim jalur Siposan Rimbo, di Desa Pauh Angit Pangean, Kamis (28/8/2014) malam.

"Atas nama pribadi, dan atas nama Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Jalur Siposan Rimbo yang telah berhasil membawa pulang kembali piala bergilir dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI tahun 2014, karena selama tahun 2013 lalu piala ini dipegang jalur dari Inhu," kata Bupati Sukarmis.

"Atas prestasi ini saya menyumbangkan Rp15 juta untuk Jalur Siposan Rimbo," katanya.

Disampaikan Bupati, keberhasilan Jalur Siposan Rimbo merebut juara pertama pada pacu jalur tahun ini, menurutnya, tidak hanya menjadi kemenangan masyarakat Pangean, tetapi ini merupakan kemenangan seluruh masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi.

"Siposan Rimbo tidak hanya menjadi pahlawan bagi Pangean, namun merupakan pahlawan bagi Kuansing," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati mengaku optimis kalau piala Menteri Pariwisata RI tersebut akan kembali lagi ke Kuansing dan direbut jalur dari Kabupaten Kuansing. "Alhamdulillah, Siposan Rimbo mampu menjadi yang terbaik," katanya.

Ke depan katanya, dirinya berharap supaya masyarakat dan juga atlet Jalur Siposan Rimbo terus menjaga kekompakan, persatuan dan kesatuan, yang tidak kalah penting adalah melaksanakan latihan serius. "Karena tanpa latihan, prestasi sulit diraih," katanya. tlk