BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh menggelar buka puasa bersama dengan masyarakat  Siak Kecil, Selasa (23/7/2014). Sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemkab Bengkalis juga hadir pada kegiatan dalam rangkaian safari Ramadan itu.

 Bupati berharap melalui kegiatan Safari Ramadan ini, dapat semakin mempererat tali silaturrahmi jajaran Pemkab Bengkalis dengan masyarakat Siak Kecil. Pada kesempatan itu Bupati mengajak umat Islam menyakini Al Quran sebagai pedoman hidup sehari-hari dengan gemar membaca Al Quran.

Bupati juga menyampaikan berbagai program-program unggulan Pemkab Bengkalis. Seperti program pemberdayaan desa, program bantuan bagi masyarakat ekonomi lemah, program di bidang kesehatan dan program di bidang pendidikan.

Di samping itu juga ada tiga produk unggulan program pemberdayaan desa yakni ADD (Alokasi Dana Desa), UED-SP (Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam) dan Inbup PPIP (Intruksi Bupati Program Penguatan Infrasktrur Pedesaan).  Ada juga program bantuan bagi masyarakat ekonomi rendah seperti bantuan raskin.

Dipaparkan Bupati, kepedulian pemerintah terhadap masyarakat kurang salah satunya dalam bentuk pemberian rumah layak huni (RLH). Kemudian program kesehatan desa dalam bentuk bantuan  ambulans desa yang sudah diserahkan sebanyak sebanyak 61 unit, termasuk desa yang baru dimekarkan akan diporitaskan untuk mendapatkan bantuan.

Kemudian program berobat gratis untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis tanpa melihat stratata ekonomi melalui Jamkesmasda. Masyarakat Kabupaten Bengkalis baik dari golongan keluarga prasejahtera maupun kelas menengah ke atas dapat menikmati pelayanan kesehatan kelas tiga secara gratis. Warga tidak perlu memikirkan tentang biaya perawatan di rumah sakit maupun biaya berobat di puskesmas maupun rumah sakit rujukan. Bupati juga memaparkan komitmennya untuk menjadikan Bengkalis sebagai kota pendidikan di wilayah Sumatera Timur. (jfk)