BENGKALIS, GORIAU.COM - Mengingat harga sejumlah kebutuhan bahan pokok mulai merangkak naik jelang perayaan Idul Fitri, Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh mengajak perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Bengkalis untuk menggelar pasar.

Hal itu dikatakan Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh usai melakukan Safari Ramahan di Masjid Munawwaratul Jaidah, Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis, tadi malam (1/7/2015).

"Kita mengimbau agar perusahaan yang ada di Kabupaten Bengkalis menggelar pasar murah sehingga masyarakat yang kurang mampu bisa terbantu,'' ujar Herliyan.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan tahun 2015 telah mengalokasikan sebanyak 15.000 paket sembako untuk 8 kecamatan di Kabupaten Bengkalis yang akan dijual murah seharga Rp50.000 per paket. Pasar murah tersebut digelar selama bulan Ramadan ini.

Sebanyak 15.000 paket sembako yang dijual murah tersebut sudah disusidi Pemkab Bengkalis dengan nilai bervariasi tergantung kecamatan. Kalau harga normal satu paket di atas Rp200 ribu, maka setelah disubsidi masyarakat tidak mampu cukup membeli hanya dengan Rp50 ribu.

Dengan Rp50 ribu, masyarakat mendapatkan beras 10 Kg, tepung terigu 3 Kg, gula 3 Kg dan minyak goreng 2 Kg. Untuk pendistribusian paket sembako ini untuk masing-masing kecamatan tidak sama, karena jumlah warga tidak mampu berbeda. Seperti kecamatan Mandau dengan jumlah penduduknya yang besar maka banyak juga warga tidak mampu di sana sehingga alokasi paket sembakonya paling besar dibandingkan kecamatan lain.

Untuk Kecamatan Mandau paket sembako yang akan didistribusikan sebanyak 3000 paket, terbesar dari kecamatan lain. Sedangkan yang paling sedikit adalah Rupat Utara, dialokasikan sebanyak 1000 paket sembako.(ail)