PEKANBARU, GORIAU.COM - Bunda Paud harus bisa menamkan rasa cinta terhadap Kota Pekanbaru sejak dini kepada peserta didik. Anak usia dini harus mencintai lingkungan tempat dia tumbuh dan berkembang.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi saat membuka Gebyar GUGUS PAUD se Kecamatan Tampan, Rabu (16/12/2014) di Citra Garden Jl. Purwodadi Kelurahan Sidomulyo Barat, Tampan Pekanbaru

Acara ditaja untuk memupuk tali persaingan sehat antar gugus Paud se-Kecamatan Tampan serta untuk menampilkan kreatifitas para anak-anak usia dini. Bertindak selaku Ketua Panitia Bunda Hernida, S.IP. M.PD.

Hadir pada acara ini Camat Tampan beserta jajarannya, Lurah Sidomulyo Barat, Ketua HIMAPAUDI, IGTK,HIPKI, PKBM, Bunda-Bunda  PAUD se-Kecamatan Tampan serta perwakilan dari Citra Garden.

Dalam pidatonya Wakil Walikota, Ayat Cahyadi mengungkapkan, berdasarkan Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa pendidikan usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian  rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Ditambahkannya, para  Bunda Paud harus memperkenalkan kepada anak didik tentang situasi dan kondisi kota pekanbaru, karena dari sekaranglah bisa ditanamkan rasa cintanya kepada tempat dia bermukim. ''Dan kita juga memberi pemahaman tentang perlunya menjaga lingkungan sekitar kita, sebab lingkungan yang baik akan mempengaruhi proses tumbuh kembangnya anak,'' ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Bunda Hernida, S.IP. M.PD mengatakan Gebyar Gugus Paud se Kecamatan Tampan ini baru pertama kali dilaksanakan semoga dapat memunculkan berbagai kreatifitas anak usia dini. Panitia juga melalukan berbagai jenis perlombaan diantaranya, lomba mewarnai, lomba tari, lomba tarik suara, tarik tambang, dan lain sebagainya.

''Berdasarkan data jumlah anak didik sebanyak 3m188 anak di tambah wali murid pendamping,'' terangnya. (rls)