PEKANBARU, GORIAU.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo sudah menyetujui 4 nama penjabat (Pj) yang akan mengisi posisi 4 bupati/walikota di Riau.

Keempatnya merupakan pejabat dari Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. "Sudah disetujui pak Menteri empat nama untuk Pj di empat kabupaten/kota itu," kata Andi Rachman, Rabu (22/7/2015) di Pekanbaru.

Dirinya mengatakan juga sudah menjelaskan kepada Mendagri RI alasan menunjuk para pejabat Pemprov Riau tersebut mengisi 4 kabupaten/kota.

Saat ditanyakan nama-nama keempat pejabat tersebut, Andi Rachman belum mau mengumumkannya. "Nantilah itu," kata Andi Rachman menambahkan.

Namun yang jelas katanya, keempat pejabat yang ditetapkan jadi Pj ini merupakan pejabat senior dan memiliki pengalaman. Sehingga keberadaannya bisa dijamin untuk kelangsungan roda pemerintahan.

Seperti diketahui, Provinsi Riau akan melaksanakan Pilkada serentak untuk 9 kabupaten/kota pada Desember 2015 ini. Dari 9 tersebut, 4 kepala daerah diantaranya berakhir masa tugas pada 2015 ini.

Setiap provinsi diwajibkan mengusulkan penjabat yang akan mengisi kekosongan posisi tersebut jelang pemilihan kepala daerah yang baru.

Keempat daerah tersebut yakni Kepualaun Meranti yang masa jabatan berakhir tanggal 30 Juli 2015. Lalu, Indragiri Hulu (Inhu) berakhir 3 Agustus 2015. Kemudian pemilihan Bengkalis pada 5 Agustus 2015 dan Dumai pada12 Agustus 2015 mendatang.***