PANGEAN, GORIAU.COM - Masyarakat Pangean meminta Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) untuk memperhatikan sarana prasana Laman Pendekar Malin. Pasalnya, masih banyak fasilitas yang tak memadai untuk melestarikan Silat Pangean.

Permintaan itu disampaikan langsung oleh Camat Pangean Novrion, S.Sos saat menghadiri acara 'Rolek Padang' di Desa Pembatang, Senin (15/9/2014). Acara tersebut setiap tahun dilaksanakan menjelang hari raya Idul Adha. Dimana, masyarakat secara bersama-sama melakukan ziarah kubur dan pagelaran Silat Pangean.

"Masyarakat mengharapkan pembangunan balai untuk para guru silat dan datuk penghulu. Kemudian, ditambah adanya balai khusus untuk tamu undangan," ujar Novrion.

Balai tersebut, lanjut Novrion, dinilai penting mengingat Laman Pendekar Malin Datuk Baromban Bosi merupakan suatu aset budaya yang harus dijaga. Sebab, regenerasi dan pelestarian Silat Pangean dilaksanakan di laman ini dan laman lainnya.

Menanggapi aspirasi itu, Ketua DPRD Kuansing sementara, Andi Putra, SH berjanji akan memperjuangkan pembangunan Laman Pendekar Malin. Ia menargetkan pembangunan akan dilaksanakan pada tahun 2015 mendatang.

"Insya Allah, tahun 2015 pembangunan balai di Laman Pendekar Malin akan dilaksanakan," ujar Andi dihadapan ratusan masyarakat Pangean.

Pada acara ini, Andi Putra tidak datang sendirian. Ia hadir bersama beberapa orang anggota DPRD Kuansing yang baru saja dilantik dari Dapil Pangean, yakni Sastra Febriawan, Rosi Atali, Jefri Antoni dan Adam.

Sementara, Sekda Kuansing Drs. H. Muharman diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Disbudpar Kuansing berjanji akan melengkapi alat penunjang lain, seperti rarak godang dan calempong onam.(san)