PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Hingga saat ini, realisasi serapan APBD Pelalawan 2014 telah mencapai 40,27 persen dengan total realisasi anggaran 843 miliar lebih, dari nilai APBD sebesar Rp 2,090 triliun.

"Realisasi serapan anggaran diketahui melalui jumlah pembayaran SP2D," terang Kepala Bagian Program Pembangunan Setdakab Pelalawan, T Zulfan, Jumat (23/10/2014).

Dijelaskannya, sampai saat ini realisasi kegiatan fisik telah mencapai 60 persen. Sedangkan sisanya sebesar 40 persen terdiri dari belanja tidak langsung seperti untuk gaji pegawai realisasi keuangan 56,70 persen dan belanja langsung sebesar 32,56 persen.

Disampaikan Zulfan, ada sejumlah SKPD yang lemah dalam merealisasi anggran. Diantaranya Dinas Perkebunan, seperti halnya anggaran reboisasi yang tidak bisa digunakan karena terhambat regulasi dari Kementerian Kehutanan.

"Karena adanya kesalahan dalam penganggaran bibit, akhirnya dianggarkan setelah APBD-P disahkan," katanya.

Zulfan optimis, hingga akhir tri wulan ke empat, yakni 31 Desember 2014 ditargetkan realisasi serapan anggran akan mencapai 70 hingga 75 persen.

"Jika realisasi serapan anggaran bisa mencapai 70 persen, maka pengelolaan keuangan dinilai sudah cukup optimal," ujarnya.

Imbuh Zulfan, dengan waktu yang tersisa saat ini, diharapkan seluruh SKPD segera untuk menggesa seluruh kegiatan yang belum dikerjakan, sehingga realisasi serapan anggaran bisa meningkat," tandasnya.(***)