PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Terbentuknya Forum peningkatan komsumsi ikan (Forikan), merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan peran sektor kelautan dan perikanan, serta sebagai sumber pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Hal ini disampaikan oleh Sekdakab Pelalawan H Tenku Mukhlis, dalam acara pengukuhan pengurus Forikan Kabupaten Pelalawan, di gedung daerah Laksmana Mangkudiraja, Kamis (17/4/2014). Sekda berharap, para pengurus Forikan bisa bekerja dan saling bahu membahu, memaksimalkan penanan Forikan di Kabupaten Pelalawan.

"Pengurus Forikan supaya bisa menyusun dan merumuskan program-program kerja yang akan dikembangkan, sesuai dengan bidangnya, sehingga program yang dibuat dapat berjalan dengan baik guna memaksimalkan peranan Forikan di daerah ini,"harapnya.

Dikatakan Tengku Mukhlis, sebagai wujud komiten dalam menggerakkan program gemar ikan, organisasi Forikan dibentuk sebagai upaya memperkuat sisi kelembagaan dalam rangka peningkatan konsumsi ikan.

"Dengan tergabungnya kepengurusan lintas intansi, diharapkan akan terjadi proses sosialisasi dan sinergitas kegiatan di seluruh intansi untuk mendukung peningkatan dan pemerataan konsumsi ikan,"jelasnya.

Pelalawan merupakan daerah yang memiliki potensi yang cukup besar yang menghasilkan ikan, terutama dari hasil laut yang dapat diolah lagi menjadi makanan ringan.

Misi pembentukan Forikan adalah meningkatkan animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan sebagai sumber protein masyarakat.

"Tugas pemerintah untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mengkonsumsi ikan sebagai sumber protein. Selain itu, kita berharap, akan mampu mendongkrak munculnya usaha produksi ikan di daerah ini," ujarnya.

Tengku Mukhlis menambahkan, dengan meningkatnya konsumsi ikan, baik ikan laut maupun ikan tawar atau budidaya, tentu akan berdampak pada munculnya usaha baru.

"Hal itu akan memainkan peran bagi kelompok masyarakat usaha ikan, untuk meningkatkan kemampuannya dalam urusan produksi dan pengolahan ikan. Ini juga tentunya akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui budidaya ikan,"tandasnya.(rkn)