PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Puluhan hektare lahan gambut terbakar di Desa Terantang Manuk, Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan Riau. Kebakaran yang terjadi tersebut berada tak jauh dari lokasi HGU PT Safari Riau.

Saat hal ini dikonfirmasi kepada pihak perusahaan, hal tersebut dibenarkan jika telah terjadi kebakaran lahan. Namun lokasi terjadinya kebakaran bukan di HGU perusahaan.

"Untuk mengantisipasi agar kebakaran tidak meluas, kita melakukan upaya pemadaman. Kita terjunkan karyawan ke lapangan melakukan pemadaman " terang Fiel Control, PT Safari Riau, Aris Susanto, kepada GoRiau.com, Senin (3/7/2015).

Disampaikan Aris, lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan gambut. Setidaknya sejumlah alat berat jenis exavator dilibatkan untuk membuat kanal agar kebakaran tidak meluas.

"Kondisi saat ini, hanya tersisa asap-asap dengan sekala kecil. Sisa dari lahan gambut yang tebakar," katanya.

Sepuluh unit exavator tersebut, sebut Aris, merupakan milik perusahaan, sementara dua unit lagi milik PT Minas Jaya Abadi, jadi total alat berat yang dikerahkan 12 unit.

Bahkan tambahnya lagi, selama kegiatan pemadaman kebakaran tersebut, masyarakat di dua desa yang berdekatan dengan HGU perusahaan juga ikut terlibat.

"Masyarakat dua desa itu yakni, Desa Sialang Indah dan Desa Harapan Jaya. Masyarakat dua desa ini, terdorong dengan sukarela ikut bergabung mamadamkan," beber Aris.(***)