PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan berencana akan membangun terminal Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP). Saat ini prosesnya masih dalam kajian atau studi kelayakan yang dilakukan oleh konsultan. Ada empat lokasi yang sedang diincar yaitu km 60 di samping Polres Pelalawan, di Jalan Lingkar, di Simpang Perak dan di Km 55 jalan lintas timur.

"Ini masih kajian, konsultan sudah menentukan empat titik yang akan menjadi ancang-ancang pembangunan terminal di daerah ini," terang Kepala Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi (Dishub Infokom) Kabupaten Pelalawan Drs. T Ridwan Mustafa, Kamis (28/2/2013).

Tengku Ridwan mengatakan bahwa meski sudah menentukan empat titik lokasi tapi konsultan belum menentukan mana diantara empat titik itu yang layak dibangun sebuah terminal representatif bagi daerah ini. Pasalnya, kajian pembangunan itu meliputi akses lokasi yang efesien ke segala arah juga bisa terpakai dalam jangka waktu 15-20 tahun ke depan.

"Untuk lokasi pembangunan terminal itu ada empat titik yang kita rencanakan, dimana pastinya nantinya itu yang tengah dilakukan studi kelayakan oleh konsultan," katanya.

Dikatakan, kajian pembangunan sebuah terminal juga harus memenuhi persyaratan untuk kegunaan jangka panjang. Dan ini menjadi pertimbangan penting dalam studi kelayakan yang dilakukan konsultan, dengan pesatnya perkembangan kota nantinya akan berpengaruh kepada keberadaan terminal.

"Kajian jangka panjang juga menjadi pertimbangan, dengan pertumbuhan penduduk dan perkembangan kota Pangkalan Kerinci mempengaruhi keberadaan terminal 15-20 tahun ke depan. Agar tidak terjadinya pindah terminal maka harus direncanakan secara matang sejak sekarang" ujarnya.

Dikatakannya, dengan adanya terminal AKDP di Kabupaten Pelalawan nantinya diharapkan terminal bayangan yang dipergunakan oleh PO atau agen agen bus antar propinsi yang beroperasi di tengah kota dapat dipindahkan ke terminal AKDP. Walaupun terminal yang akan dibangun ini adalah terminal AKDP, namun juga difungsikan untuk operasi loket AKAP.

"Sehingga dengan begitu, terminal bayangan dapat dipindahkan semua dan kota Pangkalan Kerinci lebih tertib," tegasnya. (ilm)