PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Sampai saat ini, realisasi serapan APBD Pelalawan 2014 telah mencapai 56 persen, dengan total realisasi anggaran sebesar Rp1,175 triliun lebih dari jumlah APBD sebesar Rp2,090 triliun. Disimpulkan, realisasi keuangan telah mencapai 56 persen.

Disebutkan Kepala Bagian Pemerintahan Setdakab Pelalawan T Zulfan, Selasa (16/12/2014), menurutnya realisasi serapan  anggaran diketahui melalui jumlah pembayaran SP2D.

"Sampai sekarang kegiatan fisik telah mencapai 78 persen, sedangkan sisanya 22 persen adalah belanja tidak langsung, seperti gaji pegawai realisasi keuangan 80,68 persen dan belanja langsung 45 persen," sebutnya.

Dijelaskannya, ada tiga dinas yang sampai saat ini belum menyampaikan laporan kegiatan realisasi keuangannya. Diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas PU dan Dinas Kesehatan.

"Dinas-dinas ini yang belum menyerahkan laporan kegiatan realisasi serapan anggrannya. Termasuk kegiatan-kegiatan seperti fisik yang sudah atau belum putus kontrak. Contohnya saja seperti pembangunan gedung arsip disamping kantor DPRD, sekolah - sekolah yang belum selesai, begitu juga dengan pembangunan puskesmas di Dundangan," ungkapnya.

Meski demikian, kata Zulfan, hingga akhir triwulan ke empat, yakni 31 Desember ditargetkan realisasi serapan anggaran akan mencapai 73 persen.

"Jika realisasi serapan anggaran sampai 73 persen, maka pengelolaan keuangan dinilai sudah cukup optimal. Untuk fisik diluar proyek multiyears kita targetkan pencapaian 95 persen," tukasnya.(***)