PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - PT Riau Andalan Pulp and paper (RAPP) melalui Community Development (CD) menggelontorkan beasiswa untuk 398 pelajar tingkat SMA/MA di lima Kabupaten di Provinsi Riau yang menjadi wilayah operasionalnya dengan total nilai 1 milyar, Rabu (26/11/2014).

Beasiswa yang diperuntukkan bagi para siswa yang memiliki keterbatasan secara finansial ini, khusus untuk Kabupaten Pelalawan ada 61 siswa dari 7 MIL Area PT RAPP yang mendapatkan. Penyerahan secara simbolis dilakukan di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT), Townsite II, Pangkalan Kerinci.

Koordinator Program CD PT RAPP, Vonne Kandou mengatakan pemberian beasiswa ini merupakan program rutin perusahaan untuk membantu program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan melalui kesempatan memperoleh pendidikan yang lebih baik.

"Kita ingin program beasiswa ini berkelanjutan, jadi siswa penerima dari kelas 1 SLTA yang direkrut sekarang, bisa sustain sampai kelas 3 bahkan ke tingkat yang lebih tinggi. Apalagi harapan manajemen, mereka yang berprestasi kelak diharapkan mampu meneruskan perusahaan ini. Jadi tidak sekali beri, langsung habis," ujarnya.

Dalam beasiswa ini, sambungnya, para penerima direkrut dari MIL area PT RAPP di tujuh desa yakni Desa Delik, Desa Lalang Kabung, Desa Pangkalan Delik, Desa Seikijang, Pangkalan Kerinci, Desa Sering dan Desa Kerinci Kanan.

Masing-masing siswa akan memperoleh beasiswa senilai 3 juta rupiah untuk periode 2014-2015 dalam bentuk tabungan yang bekerjasama dengan Bank BNI Syariah.

"Ini kita maksudkan agar para siswa dapat memulai budaya menabung sejak dini. Tak hanya itu, tiap siswa penerima beasiswa harus mampu meningkatkan terus nilainya minimal 10 persen dari nilai awal," sebutnya.

Menurutnya, jumlah penerima beasiswa dari PT RAPP tahun ini mengalami kenaikan, dari periode sebelumnya sebanyak 386 orang.

"Jika ditotalkan, beasiswa yang disalurkan periode ini mencapai lebih dari 1 Miliar rupiah. Program beasiswa ini belum termasuk beasiswa lainnya yang disalurkan perusahaan terhadap masyarakat sekitar wilayah operasional dan beasiswa ikatan dinas ke ATPK Bandung dan INSTIPER Yogyakarta," ungkapnya.

Vonne menambahkan, penyerahan beasiswa ini akan dilakukan di masing-masing Kabupaten di Riau. Seperti di Kabupaten Siak sebanyak 12 orang siswa, di Pulau Padang Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 40 orang, dan disusul Kabupaten lainnya.

"Diharapkan pemberian beasiswa ini akan membantu mereka dalam melanjutkan studi dan bisa menjadi regenerasi untuk perusahaan ini," tutupnya.

Sementara itu, Kadisdik Pelalawan yang diwakili Nazwir Alam menyambut baik program beasiswa bagi para pelajar tingkat SMA/MA ini. Menurutnya, program ini benar-benar membantu bagi para pelajar yang kesulitan dalam hal finansial meskipun saat ini pendidikan di Kabupaten Pelalawan digratiskan.

"Kami hanya berharap, perusahaan-perusahaan lain dapat meniru apa yang dilakukan oleh PT RAPP ini di daerahnya msing-masing," katanya

Sementara itu, salah satu siswa yang diwawancarai, Susanti Diana Pertiwi yang berasal dari SMAN 1 Kerinci Kanan, begitu senang dan bangga bisa mendapatkan beasiswa kembali di tahun kedua ini.

"Alhamdulillah, karena ini adalah beasiswa saya kedua dari PT RAPP, setelah tahun pertama saya mendapatkan beasiswa ini. Beasiswa yang saya dapat ini benar-benar berarti bagi saya, karena dengan cara inilah saya dapat meringankan beban orangtua," kata Susanti yang duduk di Kelas 12 ini.

Pada kesempatan itu, hadir Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan MD Rizal yang diwakili oleh Kasie Disdik Nazwir Alam, Direktur BNI Syariah Pangkalan Kerinci yang diwakili, para siswa didampingi dengan orangtua serta wali masing-masing.(***)