PEKANBARU, GORIAU.COM - Pengaruh globalisasi menjadi tantangan yang harus dihadapi generasi sepuh termasuk angkatan 45 dalam pewarisan dan pembudayaan jiwa, nilai dan semangat kejuangan 45 kepada generasi muda. Pasalnya, meski bangsa dan negara Indonesia kini sudah merdeka secara fisik, tapi terus jadi sasaran penjajahan dalam berbagai bentuk yang lain.

Karena itu sangat penting untuk mempertahankan dan mewariskan semangat kejuangan 45 tersebut. Caranya kembali ke landasan negara dan bangsa ini, Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika. Semua itu jadi jati diri dan kepribadian bangsa yang harus dipeliharan untuk mewujudkan cita-cita Kemerdekaan.

Hal tersebut merupakan sebuah tantangan bagi Dewan Harian Daerah Badan Penerus Kejuangan 1945 Provinsi Riau yang diketuai Kol (Purn) H Imron Saheman. Salah satu langkah yang akan disampaikan agar masyarakat menyadari akan makna dan pesan dari para pejuang kemerdekaan, DHD Badan Penerus Kejuangan 1945 Provinsi Riau akan membangun Monumen Perjuangan Rakyat Riau. Hal ini disampaikan Ketua DHD Badan Penerus Kejuangan 1945 Provinsi Riau di Gedung Juang 45 Provinsi Riau Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Rabu (25/3).

Acara ini dihadiri Danrem 031/Wb Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto, Asisten I Setda Provinsi Riau, perwakilan Kajati, para veteran, Ketua FKPPI Riau serta para undangan lainnya. rls